Simak inilah Penyebab Bibir Hitam

Penyebab bibir hitam.(Foto:heystetik)

Sukoharjonews.com – Sama seperti kulit, warna bibir pada setiap orang bisa berbeda-beda. Memang memiliki bibir yang berwarna pink dan sehat tentu akan membuat penampilan Anda semakin menarik dan membuat warna lipstik Anda menonjol.


Dilansir dari VOI, Senin (26/2/2023), Hiperpigmentasi bibir biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari. Tak hanya bisa merusak kulit wajah, paparan sinar matahari juga bisa menjadi salah satu penyebab bibir gelap.

Kulit, termasuk bibir yang terpapar sinar matahari bisa memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin. Akibatnya, kulit dan bibir bisa menjadi lebih gelap.

Untuk itu, Anda bisa mencegah perubahan warna bibir ini dengan rajin menggunakan lip balm yang mengandung SPF agar bibir tetap terlindungi.

Kebiasaan merokok juga menjadi salah satu penyebab bibir hitam. Kandungan nikotin dan benzopyrene pada asap tembakau dapat mendorong tubuh memproduksi melanin yang kemudian dapat menyebabkan bibir menjadi hitam. Perubahan ini terjadi secara bertahap seiring berjalannya waktu dan intensitas kebiasaan merokok.


Ternyata, masalah kesehatan juga turut mempengaruhi penyebab bibir hitam. Melaporkan dari Medical News Today, masalah medis tertentu bisa menyebabkan hiperpimentasi kulit. Salah satu yang paling terkenal adalah penyakit Addison.

Kondisi ini terjadi akibat rusaknya kelenjar adrenal sehingga tidak mampu memproduksi hormon penting yang dibutuhkan tubuh.

Akibatnya muncul bercak hitam di kulit, bibir hitam, atau gusi berwarna gelap. Gejala lainnya termasuk kurang energi, lemas, dan suasana hati yang buruk.

Tahukah kamu? Jika tubuh Anda kekurangan asupan cairan, kemungkinan besar bibir Anda akan menghitam.


Bibir yang kering akhirnya menjadi pecah-pecah dan akhirnya menjadi hitam. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air putih minimal delapan gelas per hari.

Selain air putih, minuman berkafein juga dipilih untuk dikonsumsi setiap hari karena dapat memberikan efek menyegarkan dan memberi semangat.

Namun sayangnya, minuman berkafein seperti kopi dapat memberikan efek diuretik yang membuat Anda lebih sering buang air kecil sehingga menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.


Saat tubuh dehidrasi, bibir akan menjadi kering, pecah-pecah, dan tampak hitam. Tak hanya itu, terlalu banyak mengonsumsi kafein juga bisa membuat gigi menjadi kuning.

Untuk mengatasi warna bibir hitam tersebut, Anda hanya perlu rutin melakukan eksfoliasi bibir dua hingga tiga kali seminggu sebelum tidur malam.

Selain itu, gunakan lip balm yang mengandung SPF setiap kali keluar rumah. Perlakukan bibir Anda seperti Anda merawat kulit wajah. Terakhir, minumlah air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *