Simak ini Sejarah Farnworth Sang Penemu Televisi

Sejarah penemu televisi. (Foto: pixabay)

Sukoharjonews.com – Farnsworth adalah ahli teknis sejak usia dini. Sebagai seorang yang rajin membaca majalah sains saat remaja, ia menjadi tertarik pada masalahtelevisi dan yakin bahwa sistem mekanis yang menggunakan, misalnya, cakram yang berputar akan terlalu lambat untuk memindai dan menyusun gambar berkali-kali dalam satu detik.


Dilansir dari Brittanica, jum’at (1/3/2024) Hanya sistem elektronik yang dapat memindai dan menyusun gambar dengan cukup cepat, dan pada tahun 1922 ia telah menyusun garis besar dasar televisi elektronik.

Pada tahun 1923, saat masih duduk di bangku SMA , Farnsworth juga masuk Universitas Brigham Young di Provo , Utah , sebagai siswa khusus. Namun, kematian ayahnya pada bulan Januari 1924 berarti dia harus meninggalkan Brigham Young dan bekerja untuk menghidupi keluarganya sambil menyelesaikan sekolah menengah.

Farnsworth harus menunda mimpinya mengembangkan televisi. Pada tahun 1926 dia bekerja untuk penggalangan dana amal George Everson dan Leslie Gorrell. Dia meyakinkan mereka untuk menjalin kemitraan untuk memproduksi sistem televisinya.


Farnsworth pindah ke Los Angeles bersama istri barunya, Pem Gardner, dan mulai bekerja. Dia dengan cepat menghabiskan $6.000 awal yang disiapkan oleh Everson dan Gorrell, tetapi Everson memperoleh $25.000 dan ruang laboratorium dari Crocker First National Bank of San Francisco. Farnsworth berhasil membuat transmisi televisi elektronik pertamanya pada tanggal 7 September 1927, dan mengajukan paten untuk sistemnya pada tahun yang sama.

Philo Farnsworth
Philo Farnsworth dengan penerima televisi yang ia ciptakan. Farnsworth terus menyempurnakan sistemnya dan memberikan demonstrasi pertama kepada pers pada bulan September 1928. Para pendukungnya di Crocker First National Bank sangat ingin dibeli oleh perusahaan yang jauh lebih besar dan pada tahun 1930 membuat tawaran kepada Radio Corporation of America (RCA ), yang mengirimkan kepala proyek televisi elektronik mereka, Vladimir Zworykin , untuk mengevaluasi karya Farnsworth. Penerima Zworykin, kinescope, lebih unggul dari Farnsworth, namun tabung kamera Farnsworth, pembagi gambar, lebih unggul dari Zworykin. Zworykin sangat antusias dengan disektor gambar, dan RCA menawarkan Farnsworth $100.000 untuk karyanya. Dia menolak tawaran itu.

<!Composite Start –>


Philo Farnsworth
Philo Farnsworth di mejanya di laboratorium penelitian TV Philadelphia, 1936. Sebaliknya, Farnsworth bergabung dengan produsen radio Philadelphia Storage Battery Company (Philco) pada tahun 1931, tetapi hubungan mereka hanya bertahan hingga tahun 1933.

Farnsworth membentuk perusahaannya sendiri, Farnsworth Television, yang pada tahun 1937 membuat kesepakatan lisensi dengan American Telephone & Telegraph (AT&T ) di mana masing-masing perusahaan dapat menggunakan paten perusahaan lain. Didukung oleh kesepakatan AT&T, Farnsworth Television direorganisasi pada tahun 1938 menjadi Farnsworth Television and Radio dan membeli pabrik pembuat fonograf Capehart Corporation di Fort Wayne , Indiana , untuk memproduksi kedua perangkat tersebut. Produksi radio dimulai pada tahun 1939. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *