Simak Berat Badan Turun Meskipun sedang Tidur Malam

Berat badan meski hanya tidur. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Bukan rahasia lagi bahwa penurunan berat badan adalah sebuah proses yang sulit. Tidak mengherankan apabila orang berlomba-lomba mencari tips yang lebih mudah untuk melakukan proses penurunan berat badan ini.


Dilansir dari Today, Minggu (15/5/2023), Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk memudahkan penurunan berat badan adalah dengan memaksimalkan pembakaran kalori selama tidur malam. inilah tips diet yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan selama tidur di malam hari.

Cukup Tidur
Langkah pertama untuk menurunkan berat badan adalah memastikan kamu mendapatkan waktu tidur malam yang cukup. Rata-rata orang dewasa perlu tidur di malam hari selama 7 hingga 9 jam.

Tidur menjadi aktivitas yang penting karena dapat membuat hormon dan sistem imun tubuh berfungsi dengan benar. Kekurangan tidur atau tidur yang tidak nyenyak akan membuat otak mengirimkan sinyal lapar kepada tubuh sehingga otomatis mengarahkan pada kenaikan berat badan.


Melipat Tubuh ke depan selama 5 Menit
Posisi tubuh yang satu ini adalah salah satu gerakan yoga untuk membantu menenangkan pikiran dari ketegangan dan kecemasan serta meningkatkan kualitas tidur. Pertama, duduk dengan tegak di atas tempat tidur dengan kaki terjulur ke depan, kemudian tekuk tubuh ke arah depan.

Sambil melakukan gerakan tersebut, rasakan regangan di bagian belakang kaki (paha belakang) dan tarik napas dalam-dalam dan keluarkan kembali, masing-masing selama 5 hitungan. Setelah itu, tekuk kaki kembali.


Melakukan Latihan Kekuatan
Latihan kekuatan juga merupakan aktivitas yang wajib kamu coba jika ingin berat badan turun meskipun sedang tidur malam. Hal ini bisa terjadi karena latihan kekuatan akan terus membakar kalori bahkan setelah sesi latihan tersebut selesai.

Meletakkan sepasang dumbel atau pita resistensi di dekat tempat tidur adalah pengingat visual yang baik agar kamu rutin melakukan latihan ini minimal 3 kali dalam seminggu. Otot yang bisa kamu latih adalah otot besar, seperti bokong, kaki, lengan, punggung, dan otot inti.

Jika kamu tidak sempat pergi ke pusat kebugaran dan juga tidak memiliki dumbel di rumah, kamu bisa memanfaatkan berat tubuhmu sendiri. Cobalah melakukan squat sebanyak 10 kali atau plank selama 30 detik sebelum tidur. Kamu juga bisa menggabungkan sesi latihan kekuatan dengan sesi berjalan harian, yakni dengan menambahkan beban pada pergelangan kaki seberat 1 hingga 3 pon.


Buat Suasana Kamar menjadi Lebih Sejuk dan Gelap
Menurut sebuah penelitian kecil yang dipublikasikan pada jurnal Diabetes, orang yang memastikan temperatur kamar tidur tetap berada di angka 19 derajat Celcius selama sebulan penuh dapat meningkatkan jumlah lemak coklat yang membakar kalori dalam tubuh hingga 42 persen dan meningkatkan metabolisme hingga 10 persen.

Sementara itu, penelitian lain menyatakan bahwa tidur dengan lampu menyala dapat menekan produksi hormon melatonin dan memengaruhi regulasi metabolisme sirkadian serta meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Jadi, matikan televisi, telepon, dan lampu, serta pasang tirai anti tembus pandang untuk menghalangi cahaya dari luar.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *