Siap-siap, Setiap RT di Sukoharjo Segera Menerima Bantuan Kajang

Proses distribusi bantuan kajang di Balai Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura.

Sukoharjonews.com (Kartasura) – Pemkab Sukoharjo menyediakan anggaran sekitar lebih dari Rp 23 miliar untuk pengadaan kajang. Bantuan kajang tersebut sedianya diberikan untuk setiap Rukun Tetangga (RT) di 167 Desa/Kelurahan di seluhuh Sukoharjo.



Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya mengatakan, dana untuk pengadaan kajang setiap RT sudah mulai didistribusikan ke kecamatan dan desa/kelurahan. Dana tersebut sebagian besar sudah mulai dibelanjakan untuk pengadaan kajang. Masing-masing RT sedianya mendapat alokasi sebesar Rp5,5 juta.

“Sebagian besar distribusi kajang ditingkat desa dan kelurahan sudah mulai dilakukan,” ujar bupati, Senin (12/2).

Bupati mengatakan, sedikit banyak kajang tersebut akan bermanfaat dan membantu warga yang membutuhkan. Seperti ketika ada kematian atau ketika menggelar hajatan pernikahan, warga bisa memanfaatkan kajang tersebut tanpa harus menyewa.

“Kalau satu kajang di satu RT kurang besar, meminjam satu RW dan dirangkai menjadi satu. Maka ini saya katakan akan sangat membantu warga membutuhkan,” imbuhnya.

Bupati berharap, distribusi kajang bisa segera selesai dan setiap RT bisa segera memanfaatkannya. Pihaknya meminta kepada para kepala desa, lurah dan camat untuk ikut membantu distribusi dan memastikan kualitas kajang sesuai spesifikasi.

“Kalau ada kajang yang diterima rusak atau pengelasannya kurang kuat, silahkan dikomplain agar diperbaiki. Kualitas barang harus baik dan siap pakai di masing-masing RT,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Kartasura Suyatman mengatakan, dana bantuan untuk pengadaan kajang di Kecamatan Kartasura mencapai sekitar Rp 2 miliar. Menurutnya, Pembagian kajang secara bertahap sudah mulai dilakukan Januari lalu. Tercatat ada 431 RT di 10 desa dan 2 kelurahan di Kecamatan Kartasura.

“Kami meminta warga turut menjaga dan merawat kajang bantuan tersebut,” lanjutnya.

Terpisah, Kepala Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura, Dwi Mogol Nuryanto mengatatakan kajang di wilayahnya sudah mulai didistribusikan. Sebelum dibagikan, masing-masing pengurus RT dan Panitia Desa mengecek kualitas kajang.

“Sebelum dibagikan, kajang harus kondisi baik. Mudah-mudahan seluruh bantuan kajang bisa segera diserahkan ke masing-masing RT,” tuturnya. (Sofarudin)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *