Setelah Bugisan, Kampung Plaosan di Klaten Ini Jadi Target Selanjutnya

Kampung Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten. (Foto: Pemkab Klaten)

Sukoharjonews.com (Klaten) – Desa Wisata Bugisan sukses menjadi tuan rumah kongres sampah II dan meraih 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Hal itu tidak lantas membuat Kepala Desa (Kades) Bugisan, Heru Nugroho berpuas diri. Ada target lain yang dibidik untuk dikerjakan selanjutnya.


“Setelah ini target selanjutnya adalah menggarap Kampung Plaosan dengan tetap mempertahankan budaya dan kearifan lokal seni dan budayanya,” jelas Heru, dikutip dari laman Pemkab Klaten, Rabu (6/7/2022).

“Mengulas Kampung Plaosan nantinya ada di ring satu (Sekitar Candi Plaosan), akan dibuat menjadi (warga Kampung Plaosan) seolah-olah anak turun dari pembuat Candi Plaosan,” sambugnya.

Heru menyampaikan saat ini desa wisata Bugisan berada di ring tiga yaitu di Dukuh Purwodadi. Dimana sudah berhasil memikat wisatawan hingga tokoh-tokoh penting untuk datang dan menjadi destinasi wisata pilihan masyarakat. Selain karena kemegahan Candi Plaosan juga karena keberhasilan dalam pengelolaan wisatanya.

Nantinya, lanjut Heru, wisatawan bisa berkunjung atau jalan-jalan dan menambah pengetahuan tentang filosofi dan sejarah keturunan Rakai Pikatan dan Dyah Pramudyawardani yang berada di ring satu Candi Plaosan

“Harapan kami dan juga dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bisa memoles Kampung Plaosan menjadi Kampung Budaya Candi Plaosan,” pungkas Heru. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.