Sering Dijadikan untuk Pengharum Masakan, Simak Manfaat Lain dari Daun Pandan Berikut

Manfaat daun pandan.(Foto: popmama)

Sukoharjonews.com – Daun pandan adalah tanaman tropis yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman ini memiliki aroma khas yang sering dicampurkan ke dalam berbagai makanan dan minuman. Meskipun demikian, tidak banyak yang menyadari bahwa daun pandan juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.


Dikutip dari Young On Top, pada Kamis (25/4/2024), inilah manfaat daun pandan:

1. Antioksidan: Daun pandan mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif, radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit degeneratif.

2. Anti-inflamasi: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun pandan dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh.

3. Mengatasi Rasa Gatal: Daun pandan dapat digunakan untuk mengatasi rasa gatal pada kulit.


4. Mengatasi Masalah Pencernaan: Daun pandan dianggap memiliki sifat yang bermanfaat untuk pencernaan dan dapat membantu meredakan gangguan pencernaan.

5. Mengurangi Rasa Sakit: Daun pandan juga memiliki sifat analgesik atau penghilang rasa sakit yang dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan dan rasa sakit.

6. Penyegar Napas: Dalam beberapa budaya, daun pandan digunakan sebagai penyegar nafas alami karena aromanya yang segar dan manis.

7. Penyedap Alami: Daun pandan sering digunakan sebagai penyedap alami dalam masakan, terutama dalam hidangan nasi atau makanan penutup seperti kue-kue.


8. Mengatasi Masalah Pencernaan: Daun pandan dianggap memiliki sifat yang bermanfaat untuk pencernaan dan dapat membantu meredakan gangguan pencernaan.

9. Pembuatan Minuman dan Makanan: Daun pandan dapat digunakan untuk memberikan warna hijau dan rasa yang unik pada minuman, seperti teh pandan, atau makanan seperti nasi ketan.

10. Aromaterapi: Aroma daun pandan juga digunakan dalam aromaterapi untuk mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *