Sensasi Mancing Ikan di Waduk Mulur, Sukoharjo

Sejumlah warga memancing ikan di Waduk Mulur. Selama ini lokasi tersebut menjadi salah satu lokasi favorit untuk memancing.

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Waduk Mulur di Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, Jawa Tengah menjadi salah satu tempat jujukan para pemancing. Banyak pemancing dari berbagai daerah yang menyempatkan diri memancing di waduk yang berada di timur Kota Sukoharjo itu.



Hampir setiap hari terlihat barisan para pamancing di berbagai sudut. Mereka memilih spot-spot yang dianggap baik dan banyak ikannya. Panasnya matahari tidak menghalangi mereka menjajal serunya mancing ikan di waduk tersebut

Bahkan beberapa di antaranya rela berendam untuk mendapat spot mancing terbaik. “Yang mancing di sini dari mana-mana ada. Solo, Klaten, Karanganyar ada,” tutur Joko (44) warga sekitar waduk, Sabtu (13/1).

Aneka ragam ikan bisa didapatkan di waduk kebanggaan wong Sukoharjo itu. Seperti ikan nila, jambal, putihan hingga ikan wader tergantung umpan yang dipakai. “Kebanyakan pakai umpan lumut sawah. Dengan umpan ini bisa dapat ikan nila atau putihan,” katanya.

Siang itu, Joko mendapat belasan ikan nila dan putihan. Menurut dia, saat itu kebanyakan ikan nila kecil-kecil yang melahap umpan lumutnya. Meski beberapa diantaranya ada yang sebesar telapak tangan.

“Biasanya kalau airnya naik seperti ini yang mau makan ikannya kecil-kecil. Ikan besar-besar biasanya ketika airnya surut,” imbuhnya.

Selain lumut, pemancing juga menggunakan umpan cacing atau pelet. Umpan tersebut biasanya dimakan ikan wader atau kecil-kecil lainnya. Tapi tidak menutup kemungkinan ikan besar seperti nila dan jambal menyantap umpan tersebut.

“Mancing pakai pelet itu asik, sebentar-sebentar dimakan ikan wader seperti ini,” tutur Robi pemancing asal Solo.

Dia bersama rombongannya memilih spot di sisi bara waduk. Tidak jarang kail para pemancing tersangkut tanaman di dalam waduk. Namun, itu bukan menjadi penghalang untuk memancing di sana.

“Kail nyangkut itu biasa, dan ini yang menjadi tantangan. Apalagi pas umpan di makan ikan besar,” katanya.

Sementara itu, berbagai sudut termpampang imbauan untuk tidak menggunakan strum, racun dan jaring untuk mencari ikan di sana. Selain itu, para pemancing juga diimbau untuk saling menjaga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan

“Cari ikan memakai jaring sudah tidak boleh, apalagi memakai strum atau racun. Bisa dipidanakan. Kalau mancing bebas,” tutur Joko, warga sekitar. (Sofarudin)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 1 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.