Selain Bagus untuk Rambut, Inilah Manfaat Lain dari Rosemary

Manfaat lain dari bunga rosemarry.(Foto: medical news today)

Sukoharjonews.com – Meskipun umum ditemukan di dapur, rosemary menawarkan manfaat yang jauh melampaui penggunaannya sebagai minyak rambut. Meskipun dikenal dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan kesehatan rambut, semak cemara ini, anggota keluarga mint, menghasilkan minyak esensial yang manjur dengan sejarah yang kaya dalam pengobatan tradisional. Penasaran dengan potensi manfaat lainnya?


Dikutip dari The Statesman, pada Rabu (18/4/2024), inilah manfaat lain dari rosemary:

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif
Minyak ini merupakan bahan pokok dalam aromaterapi, dengan bukti ilmiah yang mendukung kemampuannya untuk meningkatkan fungsi kognitif seperti kewaspadaan mental, peningkatan suasana hati, dan pengurangan kortisol—sebuah faktor penting, karena peningkatan kadar kortisol dapat melemahkan kekebalan. Selain itu, ini membantu menghilangkan stres dan depresi.

2. Meringankan Masalah Pencernaan
Selain manfaat kognitif dan kesehatan rambut, rosemary berperan penting dalam mengatasi masalah pencernaan. Baik mengatasi sakit perut, gangguan pencernaan, kram, atau kembung, memijat campuran minyak rosemary dan minyak pembawa ke perut bagian bawah secara konsisten dapat meredakannya.


3. Mengurangi Stres
Peningkatan kadar kortisol akibat stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Minyak rosemary, dengan mempengaruhi neurotransmitter, membantu mengurangi stres dan kecemasan. Karena stres kronis dikaitkan dengan penambahan berat badan dan stres oksidatif, memasukkan aromaterapi ke dalam rutinitas malam hari dapat bermanfaat.

4. Mengurangi Peradangan
Dengan sifat anti-inflamasinya, minyak rosemary dapat meredakan berbagai gejala peradangan. Digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan herbal, dapat mengurangi nyeri ringan yang berhubungan dengan nyeri otot, sakit kepala, dan bahkan arthritis tahap awal. Cukup campurkan beberapa tetes minyak rosemary dengan minyak pembawa dan oleskan setiap hari untuk hasil yang nyata.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, minyak rosemary diyakini dapat meningkatkan aliran darah dengan melebarkan pembuluh darah, memastikan sirkulasi yang konsisten.

Singkatnya, tanaman ini menawarkan banyak manfaat. Baik disebarkan atau dioleskan langsung dengan minyak pembawa, memasukkan minyak esensial rosemary ke dalam rutinitas Anda dapat menghasilkan banyak manfaat kesehatan.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *