Satlinmas Solo Raya Apel Siaga Siap Kawal Pilkada Serentak

Wakil Bupati Sukoharjo Purwadi selaku Inspektur Upacara mengecek pasukan dalam Apel Siaga Mengawal Pilkada Serentak yang diikuti anggota Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar di Alun-Alun Satya Negara, Jumat (23/3).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Anggota Satpol PP dan Satlinmas se-Solo Raya mengikuti apel siaga di Alun-Alun Sukoharjo, Jumat (23/3). Apel siaga digelar sekaligus untuk persiapan menghadapi pilkada serentak 2018 dimana petugas Satpol PP dan Satlinmas akan ikut mengawal jalannya pilkada serentaj. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Wakil Bupati (Wabup) Sukoharjo Purwadi.



“Apel siaga Satpol PP, Satlinmas dan Damkar kali ini terasa istimewa karena bersamaan dengan momen pilkada serentak. Untuk itulah anggota Satpol PP dan Satlinmas harus mempersiapkan diri sejak dini,” ujar Wakil Bupati.

Dalam kesempatan itu, Wabup berpesan pada seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas untuk meningkatkan kesiagaan dalam rangka menjaga ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat. Baik sebelum maupun setelah pelaksanaan pilkada serentak. Oleh karena itu digelar apel siaga dalam rangka ikut mengawasi pilkada serentak 2018. Momen pilkada serentak menjadi sangat penting terutama jajaran Satpol PP dan Satlinmas karena biasanya potensi gangguan terhadap penyelengaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta perlindungan masyarakat akan meningkat.

“Untuk menyikapi situasi dan kondisi yang mungkin akan terjadi sesuai dengan tupoksi maka aparat Satpol PP dan Satlinmas harus siap,” pesan Purwadi.

Menurutnya, faktor penting yang harus dipersiapkan petugas Satpol PP dan Satlinmas dalam rangka pengawasan pelaksanaan pilkada serentak 2018 antara lain melakukan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi baik secara vertikal maupun horisontal dengan instansi terkait. Juga, mengembangkan komunikasi dengan seluruh jajaran stake holder termasuk tokoh masyarakat dan tokoh adat dalam upaya mencegah dan menyelesaikan potensi gangguan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat. Melaporkan secara berkala setiap perkembangan situasi dan kondisi ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat.

Dalam bertugas, ujar Purwadi, yang perlu jadi penekanan Satpol PP adalah harus bersikap netral dalam pilkada serentak, anggota satpol PP juga harus bersikap proaktif mencermati gelagat dinamika di wilayahnya demi menjaga stabilitas dan keamanan jelang pilkada dan tetap konsisten menjaga citra dan wibawa. Sedangkan untuk anggota Satlinmas dituntut proaktif mencermati situasi dan kondisi di wilayahnya dalam rangka deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi gangguan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat.

Sedangkan Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo mengatakan, apel siaga anggota Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar tersebut diikuti oleh semua daerah di Solo Raya. Apel siaga digelar dalam rangka untuk kesiapsiagaan menghadapi pilkada serentak 2018. “Yang harus menjadi perhatian anggota Satpol PP dan Satlinmas, dalam pilkada serentak nanti harus tetap menjaga netralitas. Saya harap pelaksanaan pilkada serentak dapat berjalan aman dan kondusif,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.