Samsung Ingin Menghadirkan Game AAA Modern ke Ponsel Galaxy dengan Layanan Cloud Gaming Termurah di Dunia

Samsung Cloud Gaming. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Samsung terus memperluas jangkauan produk dan layanannya. Dengan melakukan hal ini, perusahaan menarik basis pengguna yang luas dan memastikan ketahanannya bahkan ketika terjadi masalah di sektor tertentu. Misalnya, raksasa teknologi Korea Selatan baru-baru ini memperkenalkan monitor OLED 240Hz melengkung G93SC 49 inci yang baru.


Dilansir dari Gizmochina, Kamis (5/10/2023), hal tersebut bukanlah akhir dari rencana masa depan perusahaan. Laporan menunjukkan bahwa Samsung akan meluncurkan layanan streaming game dari versi beta minggu ini.

Jika Anda ingin memainkan game AAA modern, solusinya cukup mudah. Cukup persiapkan anggaran Anda dan beli konsol atau PC, dan Anda akan dapat memainkan game yang Anda inginkan pada pengaturan tinggi dan menikmati hobi Anda. Namun, biayanya bisa sangat mahal dan mungkin sulit bagi Anda untuk membelinya. Jadi, apa alternatifnya? Jawabannya adalah game cloud.

Cloud gaming, atau streaming game, memungkinkan pengguna memainkan video game yang dihosting di server jarak jauh, mengalirkannya langsung ke perangkat seperti TV, ponsel, atau komputer. Ini berarti Anda tidak perlu mengunduh atau memasang game di perangkat Anda, dan Anda dapat memainkannya meskipun perangkat Anda tidak dilengkapi untuk menjalankannya sendiri.


Meski masih dalam tahap awal, metode ini perlahan mulai populer. Layanan seperti GeForce Now dari Nvidia, Amazon Luna, dan XCloud dari Microsoft semakin banyak digunakan oleh pengguna dengan anggaran terbatas. Misalnya saja di masa pandemi, meski tidak punya perlengkapan gaming, saya berkesempatan memainkan game grafis berkualitas tinggi seperti Witcher 3 di laptop era 2010 saya menggunakan GeForce Now.

Kini, Samsung dilaporkan berencana untuk secara resmi memperkenalkan cloud gaming dalam Samsung Game Launcher di ponsel Galaxy pada konferensi pengembangnya pada tanggal 5 Oktober. Meskipun kinerja ponsel cerdas meningkat di hampir setiap model baru, game seluler saat ini sering kali masih membutuhkan grafis yang relatif “sederhana” dan rendah. Namun, pemain ingin melihat game dengan kualitas yang mendekati game PC/konsol di perangkat seharga $1000 mereka.


Karena model bisnis dan strategi pendapatan saat ini, tidak praktis mengembangkan game modern hanya untuk beberapa perangkat kelas atas. Di sinilah layanan cloud gaming Samsung berperan. Perusahaan mencoba menjembatani kesenjangan tersebut dengan menawarkan cara untuk memainkan game-game modern ini, sehingga membuat produk mereka lebih menarik. Samsung telah bereksperimen dengan cloud gaming di ponsel Galaxy-nya selama beberapa waktu.

Mereka juga dilaporkan sedang berdiskusi dengan penerbit game besar untuk memperkenalkan game mereka ke platform tersebut. Selain itu, Samsung telah menyatakan bahwa mereka akan mengenakan biaya layanan yang lebih kecil dibandingkan penyedia cloud gaming lainnya, sehingga berpotensi membuatnya lebih menarik bagi pengembang game.


Sayangnya, kami tidak memiliki banyak informasi tentang layanan yang akan datang selain yang baru saja kami sebutkan. Namun, peringatan bagi semua pengguna ponsel Galaxy: memasuki pasar cloud gaming tidak akan mudah bagi Samsung. Misalnya, perusahaan terbaru yang terjun ke bidang ini dengan antusiasme tinggi adalah Google.

Mereka mengumumkan layanan bernama Stadia pada tahun 2019 dan meluncurkannya pada tahun 2020. Sayangnya, karena kerugian yang terus menerus, mereka menutup Stadia pada tahun 2022. Sayangnya, nasib serupa mungkin menimpa Samsung. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *