Robot Humanoid Pertama di Dunia Berbasis Open Source Hongmeng Telah Dirilis

Robot Humanoid Pertama. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Seiring bertambahnya jumlah perangkat yang menggunakan HarmonyOS setiap harinya, sepertinya smartphone hanyalah permulaan dari sistem operasi ini. Kini, Aelos, robot humanoid pertama di dunia berbasis sistem operasi HarmonyOS, telah dirilis. Upaya kolaborasi antara Shenzhen Kaihong Technology dan Leju Robot menandai tonggak penting dalam pengembangan robot cerdas.


Dilansir dari Gizmochina, Senin (20/11/2023), Aelos adalah sistem pengajaran serbaguna yang dirancang untuk meningkatkan pendidikan dan penelitian di berbagai lingkungan, termasuk aplikasi industri dan jasa.

Dilengkapi dengan rangkaian sensor yang komprehensif, termasuk monitor oksigen darah dan detak jantung, pengukur suhu dan kelembapan, termometer inframerah, detektor tubuh manusia, NFC, layar OLED, dan lampu LED, Aelos dapat mengenali lingkungan sekitar dan mengambil keputusan cerdas.

Konektivitas tanpa batas ke perangkat lain, seperti ponsel cerdas, tablet, dan komputer, semakin meningkatkan kemampuan Aelos, menghilangkan kebutuhan akan koneksi kabel tradisional dan menyederhanakan proses pengajaran.


Aelos menawarkan 17 derajat kebebasan, memungkinkannya melakukan berbagai gerakan. Sistem kamera ganda dan sistem komputasi gandanya, didukung oleh mikrokontroler STM32 dan prosesor RK3568, memberikan peningkatan kinerja dan keserbagunaan.

Aelos mendukung berbagai bahasa pemrograman, termasuk pemrograman grafis, C/C++, dan JS/ArkTS, melayani berbagai pengguna mulai dari K12 hingga institusi pendidikan tinggi. Penerapan sistem operasi HarmonyOS sumber terbuka menawarkan banyak keunggulan dibandingkan sistem berpemilik. HarmonyOS terkenal dengan keamanan, keandalan, efisiensi, penyesuaian, dan kemampuan beradaptasi yang ditingkatkan, menjadikannya pilihan ideal untuk mendukung Aelos.

Pengenalan Aelos diharapkan dapat merevolusi industri robot humanoid. Kemampuannya yang kuat, ditambah dengan sifat open-source dari HarmonyOS, tidak diragukan lagi akan mempercepat inovasi dan kemajuan di bidang robotika humanoid. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *