Rekrutmen ASN 2024, Pemkab Sukoharjo Ajukan 554 Formasi, Ini Rinciannya

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com – Tahapan rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) 2024 Pemkab Sukoharjo belum ada pengumuman resmi. Saat ini, Pemkab Sukoharjo masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat. Tahun ini, Pemkab Sukoharjo mengajukan 554 formasi, baik untuk ASN maupun PPPK.


“Kalau usulan sudah kami ajukan, totalnya 554 formasi, namun berapa yang disetujui masih menunggu pusat,” terang Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sukoharjo Sumini, Sabtu (20/4/2024).

Dikatakan Sumini, jumlah formasi yang diajukan tersebut sudah sesuai kebutuhan. Pasalnya, setiap tahun jumlah ASN yang pensiun berkisar 400-500 orang.

Menurutnya, saat ini jumlah ASN di Pemkab Sukoharjo sebanyak 7.800 orang. Jumlah tersebut belum termasuk PPPK hasil rekrutmen tahun 2022 dan 2023. Meski begitu, Sumini mengaku jumlah tersebut masih belum ideal karena banyaknya ASN yang pensiun setiap tahun.

Disisi lain, jumlah ASN pensiun tiap tahun tidak diimbangi dengan adanya penambahan pegawai baru. Pasalnya, dalam rekrutmen beberapa tahun terakhir, jumlah formasi yang diberikan pemerintah pusat sangat terbatas.


Soal rekrutmen tahun ini, Sumini mengaku sesuai informasi awal akan dilaksanakan dalam tiga tahap. Namun, untuk kepastiannya masih menunggu informasi resmi dari pemerintah pusat.

Disinggungsoal 554 formasi yang diusulkan, Sumini mengaku terdiri atas ASN 100 formasi dan PPPK 454 formasi. Formasi yang diajukan masing-masing tenaga pendidikan, kesehatan, dan tenaga teknis.

“Sampai sekarang kami baru sebatas pengajuan usulan. Sedangkan tahapan lain seperti jadwal dan teknis rekrutmen belum ada petunjuk sama sekali. Kami masih menunggu pemerintah dan itu sepenuhnya kewenangan pusat,” lanjutnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *