Proyek Raksasa Pemkab Sukoharjo Digarap Kontraktor Jakarta, Nilainya Rp82,6 Miliar

Penampakan Gedung Kantor Terpadu Sekretariat Daerah Sukoharjo yang dibangun dengan anggara Rp 82,6 miliar.

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Mega proyek Gedung Kantor Terpadu Sekretariat Daerah (Setda) senilai Rp82,6 Miliar sebentar lagi dimulai. Proyek terbesar Pemerintah Kabupaten Sukoharjo itu digarap PT Pembangunan Perumahan (PP) Urban, Jakarta.



Kepastian itu didapat setelah dilakukan penandatanganan kontrak proyek antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) dan PT PP Urban di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Sukoharjo, Rabu (3/1). Dalam kesempatan itu, Assisten II Sekda Sukoharjo, Widodo berharap besar PT PP Urban melaksanakan proyek tersebut dengan sebaik-baiknya. Dia berpesan, waktu pelaksanaan selama 360 hari tergolong sangat mepet untuk membangun gedung setinggi 10 lantai tersebut.

Pihaknya tidak ingin proyek tersebut bermasalah baik dari segi waktu pelaksanaan dan kualitas bangunan. “Baru tahun ini Pemkab Sukoharjo menganggarkan pembangunan begitu besar. Proyek-proyek sebelumnya tidak begitu besar, seperti proyek Masjid Agung Rp35 miliar,” tutur Widodo.

Karena itu kontraktor diminta harus segera mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari kesiapan tenaga kerja, peralatan pendukung, penyedia beton dan material yang dibutuhkan untuk mempermudah pengerjaan. Hal tersebut untuk menghindari kendala yang tidak dinginkan selama pelaksanaan proyek.

“Mudah-mudahan tidak sampai akhir kontrak sudah selesai. Kalau hitung mundur sudah mepet sekali. Karena berdasarkan aturan yang ada, tenggang waktu harus sangat diperhatikan dana jangan melebihi deadline,” terangnya.

Widodo juga meminta PPKom untuk segera membuat Surat Perintah Melaksanakan Kerja (SPMK) dan Berita Acara Penyerahan Lapangan agar kontraktor bisa segera memulai pekerjaan. “Kalau ada yang perlu dikomunikasikan, permasalahan sekecil apapun atau manakala ada hal yang perlu dikomunikasikan di tengah pelaksanaan segera saja,” imbuhnya.

Sementara itu, PPKom proyek Gedung Kantor Terpadu, Agus Widiyanto mengatakan, SPMK dan Berita Acara Penyerahan Lapangan sudah dibuat, tinggal diserahkan ke PT PP Urban selaku pelaksana proyek. Pihaknya berharap semua pihak yang terlibat proyek itu untuk selalu berkordinasi agar proyek terlaksana dengan baik.

“Kami berharap selalu ada kordinasi demi kelancaran pembangunan gedung terpadu ini. Sehingga proyek sukses dan tidak ada masalah baik mutu dan waktu serta tidak timbul masalah dikemudian hari,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Perwakilan PT PP Urban, Siswanto menyatakan komitmenya melaksanakan proyek terbesar sepanjang sejarah perjalanan Pemkab Sukoharjo itu. “Kami berkomitmen melaksanakan proyek sesuai yang direncanakan. Baik dari segi anggaran waktu dan mutu akan menjadi perhatian kami,” papar Siswanto.

Pihaknya berharap seluruh pihak terkait seperti PPKom, Managemen Konstruksi, Konsultan Perencana dan Konsultan Pengawas untuk bekerjasama menyukseskan mega proyek tersebut. “Kami akan melaksanakan proyek ini dengan sebaik-baiknya. Kalau ada yang kurang tolong kami ditegur. Mohon kerjasamanya agar proyek berjalan lancar dan berhasil dengan baik,” imbuhnya. (sofarudin)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.