Profil Ketua TP PKK Sukoharjo Hj Etik Suryani SE, From Zero to Hero

Ketua TP PKK Sukoharjo Etik Suryani bersama suami, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dalam sebuah acara beberapa waktu lalu.

Sukoharjonews.com – Menjadi Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) tak pernah terbayangkan oleh Etik Suryani. Namun, berkat suami Wardoyo Wijaya yang terpilih sebagai Bupati pada Pilkada tahun 2010 lalu berlanjut hingga dua periode, mau tidak mau jabatan itu harus dia sandang. Saat itu, dirinya harus mulai dari nol untuk memimpin TP PKK. Padahal, saat itu dirinya memiliki latar belakang profesi dibidang perbankan.



Namun, meski harus mulai dari nol, Etik bertekad untuk memajukan PKK di Kabupaten Sukoharjo. Dirinyapun dengan keras belajar soal PKK dan bekerja keras bersama pengurus lain. TP PKK kabupaten sendiri harus membina PKK di 12 kecamatan yang ada. Lambat laun, hasil kerja keras dan dukungan semua pengurus serta Pemkab, saat ini TP PKK menorehkan banyak prestasi. Tepatlah jika kiprah Etik Suryani diberi label “From Zero to Hero”.

“Saya benar-benar mulai dari nol karena sebelumnya belum pernah berkecimpung dalam PKK,” jelas ibunda dari Chyntia Maya Putri Elwina Wijaya tersebut.

Menurut Etik, untuk meraih prestasi demi prestasi tersebut bukanlah kerja dirinya sendiri. Semua prestasi yang diraih berkat kekompakan semua pengurus serta kader PKK tingkat kecamatan hingga tingkat desa/kelurahan. Selain itu, dukungan penuh dari Pemkab khususnya Bupati Wardoyo Wijaya juga mendorong TP PKK untuk terus maju.

Hingga tahun 2018 ini, tercatat sudah belasan penghargaan yang diraih oleh TP PKK. Masing-masing 13 penghargaan tingkat provinsi dan empat penghargaan tingkat nasional. Prestasi pertama diraih pada akhir tahun 2011 lalu. Dengan kata lain, butuh waktu sekitar satu tahun bagi Etik untuk belajar hingga akhirnya berhasil meraih prestasi. Pasalnya, dirinya menjabat Ketua TP PKK tahun 2010 akhir.

Prestasi pertama yang diraih adalah Juara 1 Lomba Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) dari TP PKK Provinsi Jateng. Penghargaan tersebut diraih pada 16 Desember 2011. Kemenangan tersebut mengantar TP PKK Sukoharjo mewakili Provinsi Jateng dalam lomba yang sama tingkat nasional.

“Dalam lomba tingkat nasional ini, kami berhasil kembali sebagai Juara 1 dan meraih “Prakarti Utama I”,” jelasnya.



Setelah keberhasilan tersebut, TP PKK pun terus mendapatkan prestasi lainnya. Yakni, Juara Harapan 1 untuk Lomba Desa Percontohan tingkat provinsi di tahun 2012. Di tahun yang sama, TP PKK juga berhasil keluar sebagai Juara 3 Pelaksana Terbaik Posyandu, Juara Harapan 1 Pelaksana Terbaik PHBS, dan Juara Harapan 2 Pelaksana Terbaik Lingkungan dalam lomba tingkat provinsi. Selain itu, TP PKK Sukoharjo juga berhasil masuk tiga besar dalam Lomba HKG-PKK tingkat Provinsi Jateng tentang UP2K dan Hatinya PKK yang diwakili Desa Sidorejo dan Sugihan, Kecamatan Bendosari.

Tidak berhenti sampai disitu, kran prestasi terus terbuka untuk TP PKK Sukoharjo. Menurut Etik, dalam rangka evaluasi 10 Program Pokok PKK tahun 2013, TP PKK keluar sebagai Juara 3 tingkat provinsi dimana dalam lomba tersebut diwakili oleh Kelurahan Gayam. Selain itu, juga Juara 2 Lomba UP2K-PKK tingkat provinsi yang diwakili Desa Sidorejo, Bendosari, Juara 2 Lomba Hatinya PKK tingkat provinsi yang diwakili Desa Sugihan, Bendosari.

“Selanjutnya, kami juga berhasil Juara 2 Pelaksana Terbaik Posyandu tingkat provinsi tahun 2013 yang diwakili Posyandu Mawar III Desa Puron, Kecamatan Bulu,” lanjut Etik.

Disusul dengan Juara 3 Pelaksana Terbaik Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan tingkat provinsi, Juara Harapan 1 Pelaksana Terbaik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Provinsi Jateng yang diwakili Desa Dukuh, Kecamatan Mojolaban. Seakan belum puas dengan prestasi yang diraih, TP PKK kembali meraih penghargaan tingkat nasional tahun 2014 ini.

Dikatakan Etik, di tahun 2014 ini TP PKK meraih dua penghargaan tingkat nasional yang cukup membanggakan. Masing-masing “Pakarti Utama I” Lomba Posyandu Model Tingkat Nasional Tahun yang diwakili Desa Puron Kecamatan Bulu dan “Pakarti Madya III” Lomba UP2K PKK Tingkat Naional yang diwakili Desa Sidorejo Kecamatan Bendosari. Yang terbaru, di tahun 2017 lalu juga meraih penghargaan Juara II Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan Nasional.

Etik juga mengatakan, selama ini TP PKK tidak sekadar mengejar penghargaan saja. Pasalnya, banyak juga kegiatan sosial dan keagamaan yang dilakukan. Seperti memberikan bantuan pada warga kurang mampu, hingga menggelar pengajian rutin tiap tanggal 18 di rumah dinas bupati. Hasil infaq dalam pengajian tersebut disalurkan kembali dalam bentuk bantuan pada warga kurang mampu. (erlano putra)



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed