Pistacio, Kacang Baik untuk Penderita Diabetes

Kacang yang aman untuk penderita diabetes. (Foto: Testi table)

Sukoharjonews.com – Pistachio adalah salah satu kacang yang paling enak dan sehat. Selain itu, ini bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet sehat apa pun. Mengonsumsi makanan yang sehat sangat penting untuk mencegah lonjakan gula darah pada penderita diabetes. Makanan manis dan tinggi karbohidrat harus dikonsumsi secukupnya atau dihindari sama sekali. Salah satu makanan yang harus Anda sertakan dalam diet ramah diabetes adalah pistachio. Memasukkan pistachio telah dikaitkan dengan kadar gula darah yang terkontrol, menawarkan camilan sehat dan memuaskan bagi penderita diabetes. Dikemas dengan lemak dan serat sehat, pistachio berkontribusi terhadap kesehatan secara keseluruhan.


Dikutip dari Healthshots, pada Minggu (24/12/2023), berikut manfaat kacang pistacio untuk penderita diabetes:

1. Indeks glikemik rendah
Pistachio memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah, yang berarti menyebabkan kenaikan gula darah lebih lambat dibandingkan makanan dengan GI tinggi. Mengonsumsi makanan rendah glisemik sangat penting bagi penderita diabetes, karena membantu mencegah lonjakan dan penurunan kadar glukosa darah secara tiba-tiba. Pelepasan glukosa secara bertahap dan stabil dari makanan rendah GI seperti pistachio dapat berkontribusi pada kontrol gula darah yang lebih baik, menjadikannya pilihan camilan yang cocok untuk penderita diabetes.

2. Lemak sehat
Selain dampaknya terhadap kadar gula darah, pistachio juga mengandung lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak ini dikaitkan dengan peningkatan sensitivitas insulin, yang merupakan faktor kunci diabetes. Dengan memasukkan pistachio ke dalam makanan Anda, penderita diabetes dapat meningkatkan respons tubuh mereka terhadap insulin, berpotensi mengurangi kebutuhan akan dosis insulin yang lebih tinggi dan meningkatkan regulasi gula darah yang lebih baik.


3. Kandungan protein yang tinggi
Pistachio juga merupakan sumber protein yang baik, yang penting untuk menjaga massa otot dan meningkatkan rasa kenyang. Memasukkan makanan kaya protein dalam makanan dan camilan dapat membantu penderita diabetes dalam mengatur nafsu makan dan mencegah makan berlebihan. Selain itu, protein dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan karbohidrat.

4. Dikemas dengan antioksidan
Salah satu manfaat penting dari pistachio adalah kandungan antioksidannya. Antioksidan membantu melawan stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh, yang keduanya terkait dengan masalah terkait diabetes. Memasukkan makanan kaya antioksidan seperti pistachio ke dalam makanan dapat berkontribusi terhadap kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko banyak penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker tertentu.

5. Kaya serat
Pistachio kaya akan serat, khususnya serat larut. Jenis serat ini membentuk zat seperti gel di saluran pencernaan, memperlambat penyerapan glukosa dan mengurangi kenaikan gula darah setelah makan. Kandungan serat dalam pistachio juga meningkatkan rasa kenyang, membantu individu mengatur berat badan, yang merupakan aspek penting lainnya dalam manajemen diabetes.


6. Zat gizi mikro
Selain nutrisi penting tersebut, pistachio juga kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin B6, tiamin, fosfor, dan magnesium. Nutrisi ini berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh, seperti meningkatkan metabolisme, fungsi saraf, dan kesehatan tulang. Asupan mikronutrien yang tepat sangat penting bagi penderita diabetes, karena kondisi ini terkadang dikaitkan dengan kekurangan atau ketidakseimbangan.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *