Petani Bisa Pinjam Mesin Brigade Alsintan Kodim, Begini Caranya

Pasiter Kodim 0726/Sukoharjo, Lettu Inf Mardiyanto memeriksa kondisi mesin Brigade Alsintan dan Tanam.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Petani di dipersilakan memanfaatkan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang tersimpan di Kodim 0726/Sukoharjo. Petani tinggal membuat surat permohonan melalui Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di wilayah masing-masing.



Komandan Kodim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakoso, mengatakan Brigade Alsintan dan Tanam Kodim 0726/Sukoharjo tersedia berbagai alat pertanian modern. Rinciannya, 10 unit traktor roda dua, 2 unit traktor roda empat, 10 unit transplanter (penanam) dan 10 unit pompa air serta 1 unit excavator atau backhoe dan semuanya dalam kondisi baik.

Menurut Dandim, Alsintan tersebut dititipkan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk membantu petani dalam rangka mewujudkan swasembada tanam. Terkait mekanisme peminjaman, petani tinggal berkoordinasi dengan Babinsa dan membuat surat permohonan yang berisi peminjaman Alsintan kepada Komandan Kodim 0726/Sukoharjo melalui Gapoktan.

Mekanisme peminjaman tersebut untuk memperjelas siapa yang bertanggungjawab atas peminjaman. “Silahkan membuat surat melalui Gapoktan ke Kodim. Kalau Alsintan yang dimaksud tersedia atau tidak sedang dipakai  petani lain bisa langsung dipakai,” jelas Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakoso, Kamis (15/2).

Terkait biaya sewa, Dandim menjelaskan, petani hanya cukup mengganti biaya bahan bakar. Anggota Kodim  juga siap membantu petani mengoperasikan Alsintan tersebut. “Petani hanya mengganti bahan bakar. Untuk pengoperasian Alsintan anggota siap membantu,” tuturnya.

Terkait antusiasme petani memanfaatkan Brigade Alsintan dan Tanam Kodim 0726/Sukoharjo, Dandim mengatakan, sejauh ini belum begitu banyak. Mengingat, di masing-masing Gapoktan juga telah tersedia Alsintan serupa. Yang jelas, alat-alat pertanian modern tersebut dititipkan ke Kodim untuk membantu meningkatkan produksi pertanian. (Sofarudin)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *