Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Pertolongan pertama pada luka bakar.(Foto: health)

Sukoharjonews.com – Luka bakar adalah kerusakan jaringan yang disebabkan oleh berbagai sumber. Contohnya adalah cairan panas, matahari, api, bahan kimia, listrik dan uap. Cedera yang berhubungan dengan dapur akibat minuman panas, sup, dan makanan yang dimasak dengan microwave sering terjadi pada anak-anak.


Dilansir dari Mayo Clinic, Senin (20/5/2024), luka bakar berat memerlukan pertolongan medis darurat. Luka bakar ringan biasanya dapat diobati dengan pertolongan pertama.

Kapan harus mencari bantuan darurat
Hubungi 911 atau segera dapatkan perawatan untuk luka bakar parah, yang:

-Mungkin dalam, melibatkan seluruh lapisan kulit.
-Dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar.
-Mungkin tampak hangus atau bercak putih, coklat atau hitam.
-Diameternya lebih besar dari 3 inci (sekitar 8 sentimeter).
-Tutupi tangan, kaki, wajah, selangkangan, bokong atau sendi utama, atau lingkari lengan atau tungkai.
-Disertai dengan menghirup asap.
-Mulai bengkak dengan sangat cepat.

Luka bakar akibat listrik, termasuk yang disebabkan oleh petir, dan luka bakar kimia memerlukan perawatan medis darurat. Luka bakar ringan mungkin memerlukan perawatan darurat jika mengenai mata, mulut, tangan, atau alat kelamin. Bayi dan orang dewasa yang lebih tua mungkin juga memerlukan perawatan darurat untuk luka bakar ringan.


Luka bakar besar
Untuk luka bakar yang parah, berikan pertolongan pertama sampai bantuan darurat tiba:

-Lindungi orang yang terbakar dari bahaya lebih lanjut. Jika Anda bisa melakukannya dengan aman, pastikan orang yang Anda bantu tidak melakukan kontak dengan sumber luka bakar. Untuk luka bakar akibat listrik, pastikan sumber listrik telah dimatikan sebelum Anda mendekati korban luka bakar.
-Pastikan orang yang terbakar masih bernapas. Jika perlu, mulailah penyelamatan pernapasan jika Anda tahu caranya.
-Lepaskan perhiasan, ikat pinggang, dan benda ketat lainnya, terutama pada area luka bakar dan leher. Area yang terbakar membengkak dengan cepat.
-Tutupi luka bakarnya. Tutupi area tersebut secara longgar dengan kain kasa atau kain bersih.
-Angkat area yang terbakar. Angkat luka melebihi ketinggian jantung jika memungkinkan.
-Perhatikan gejala syok. Gejalanya meliputi kulit dingin dan lembap, denyut nadi lemah, dan pernapasan dangkal.

Luka bakar ringan
Untuk luka bakar ringan, ikuti pedoman pertolongan pertama berikut:

-Dinginkan luka bakarnya. Tahan area tersebut di bawah air dingin mengalir selama sekitar 10 menit. Jika hal ini tidak memungkinkan atau jika luka bakar terjadi pada wajah, oleskan kain dingin dan basah hingga rasa sakitnya mereda. Untuk mulut yang terbakar akibat makanan atau minuman panas, masukkan sepotong es ke dalam mulut selama beberapa menit.
-Lepaskan cincin atau benda ketat lainnya. Coba lakukan ini dengan cepat dan lembut, sebelum area yang terbakar membengkak.
-Oleskan losion. Setelah luka bakar mendingin, oleskan losion, seperti losion yang mengandung lidah buaya atau mentega kakao. Ini membantu mencegah pengeringan.
-Perban luka bakarnya. Tutupi luka bakar dengan perban bersih. Bungkus dengan longgar untuk menghindari tekanan pada kulit yang terbakar. Perban mencegah udara masuk ke area tersebut, mengurangi rasa sakit dan melindungi kulit yang melepuh.
-Jika perlu, minumlah obat pereda nyeri yang tidak diresepkan, seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, lainnya) atau acetaminophen (Tylenol, lainnya).(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *