Perokok Pasif: Mengungkap Risiko Kesehatan yang Tersembunyi

Bahaya menjadi perokok pasif.(Foto: aladokter)

Sukoharjonews.com – Perokok pasif adalah seseorang yang menghirup asap rokok dari perokok di dekatnya. Terdapat setidaknya 7.000 zat kimia pada asap rokok, minimal 250 di antaranya diketahui merugikan kesehatan. Partikel-partikel berbahaya di dalam rokok dapat bertahan di udara selama beberapa jam atau lebih lama.


Dikutip dari The Statesman, pada Minggu (2/6/2024), menurut WHO, perokok pasif bertanggung jawab atas sekitar 600.000 kematian dini setiap tahunnya. Meskipun ada anggapan umum bahwa paparan singkat terhadap perokok pasif tidak berbahaya, hal ini merupakan kesalahpahaman; perokok pasif dapat mempunyai dampak kesehatan yang serius. Berikut beberapa hal yang dapat merugikan kesehatan Anda:

1. Meningkatkan Risiko Kanker Paru-Paru:
Bukan hanya perokok berat saja yang menghadapi risiko tinggi; individu yang terpapar asap rokok juga berada dalam bahaya. Mereka menghirup bahan kimia berbahaya yang sama seperti perokok aktif, sehingga meningkatkan risiko kanker paru-paru. Semakin lama paparannya, semakin besar risikonya.


2. Berbahaya bagi Ibu Hamil:
Perokok pasif menimbulkan risiko yang signifikan terhadap wanita hamil dan bayinya, meningkatkan kemungkinan cacat lahir dan berbagai komplikasi kesehatan.

3. Berbahaya bagi Jantung:
Bahkan orang yang bukan perokok pun berisiko. Paparan perokok pasif dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan merusak pembuluh darah. Mereka yang menderita tekanan darah tinggi sangat rentan, karena paparan terus-menerus dapat memperburuk kondisi mereka.

4. Sangat Berbahaya bagi Anak-Anak:
Anak-anak yang terpapar asap rokok rentan terhadap berbagai masalah kesehatan, termasuk pneumonia, infeksi telinga tengah, batuk, asma, dan paru-paru tersumbat.


Anda tidak harus menjadi perokok untuk menderita akibat merokok. Hindari area khusus merokok dan hindari orang yang merokok untuk melindungi kesehatan Anda.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *