Peringati Sumpah Pemuda, SMP Muhammadiyah PK Gelar Festival Bulan Bahasa

SMP Muhamamdiyah PK Solo menggelar Festival Bulan Bahasa dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Kamis (28/10/2021).

Sukoharjonews.com (Solo) – SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Solo menggelar Festival Bulan Bahasa (FBB) dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Acara tersebut digelar secara virtual, Kamis (28/10/20221). Kegiatan bertajuk “Cerdas Literasi, Semangat Berprestasi” tersebut diikuti siswa SD/MI se-Solo Raya dan juga internal sekolah.



“Tujuan diselenggarakan Festival Bulan Bahasa di sekolah adalah dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang juga identik dengan bulan bahasa,” ujar Kepala SMP Muhammadiyah PK Solo, Mudiyatmoko dalam rilis yang diterima Sukoharjonews.com.

Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai sarana menginternalisasi nilai-nilai kejuangan yang telah dirintis oleh para pendahulu. Muhdiyatmoko juga mengatakan, penampilan para siswa dalam Festival Bulan Bahasa tersebut antara lain menyanyi lagu daerah, membaca puisi, nembang bahasa Jawa, bermain musik, dan lainnya. Kegiatan tersebut juga ditampilkan secara langsung di Youtube sebagai sarana untuk menyalurkan bakat, mengasah kreativitas, motivasi, dan inspirasi bagi siswa lain.

Acara Festival Bulan Bahasa dimeriahkan dengan penampilan para siswa dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Aji Muhammad Raihan siswa kelas 7 membuka acara dengan nembang lagu Jawa yang diikuti dengan tampilan siswa lain seperti mengaji, membacakan naskah sumpah pemuda, menyanyi, dan mendongeng. Akhir acara diumumkan pemenang lomba bulan bahasa baik yang diikuti internal maupun eksternal sekolah.

Lomba Semarak Bulan Bahasa yang digelar secara eksternal diikuti kurang lebih ratusan siswa SD/MI se-Solo Raya sejak 25 September hingga 25 Oktober 2021. Lomba tersebut meliputi lomba membaca berita, membaca puisi, story telling, dai cilik, dan nembang. Adapun lomba internal sekolah meliputi lomba podcast dan film pendek.

Sementara itu, Dara Latifah Azzahra dan Nabiila Alya Hernanda, siswa kelas 9, sangat terkesan diberikan kesempatan tampil menyanyikan lagu daerah dalam acara Festival Bulan Bahasa. “Tadi menyanyikan lagu daerah agar teman-teman mengetahui lagu daerah. Sebagai pemuda Indonesia kita patut bangga terhadap lagu daerah yang sangat bagus,” ungkap Dara. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.