Pererat Kerukunan, Polisi Bersama Ormas Kerjabakti di Gereja

Anggota polisi dari Polres dan Polsek Sukoharjo bersama Ormas Islam dan masyarakat melakukan kerjabakti di Gereja Kristen Jawa (GKJ) di Jalan Pemuda, Jetis, Sukoharjo, Jumat (6/4).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Anggota Polsek Sukoharjo Kota bersama Ormas Islam berkolaborasi menggelar kegiatan kerjabakti di Gereja Kristen Jawa (GKJ), Jumat (6/4). Aksi tersebut dilakukan dalam rangka mempererat kerukanan antar umat beragama di Sukoharjo. Selain itu, sekaligus untuk menepis isu-isu negatif yang tengah marak saat ini.



Kapolsek Sukoharjo Kota AKP Parwanto mengatakan, kegiatan tersebut merupakan instruksi Kapolri yang ditindaklanjuti oleh Polres Sukoharjo. Kegiatan berupa kerjabakti di tempat-tempat ibadah yang ada di Sukoharjo. “Kegiatan ini bukan untuk pencitraan karena merupakan program Polri untuk mendekatkan diri pada umat beragama,” ujarnya.

Dikatakan Parwanto, saat ini banyak sekali kasus-kasus yang diarahkan ke tokoh agama atau simbol agama agar memantik emosi pengikutnya. Untuk itu, Polres Sukoharjo berusaha menepis isu negatif tersebut dengan melakukan pendekatan pada tokoh agama di Sukoharjo. Bentuk kegiatanya dengan kerjabakti di tempat-tempat ibadah dimana aksi tersebut mendapat dukungan dari Ormas Islam.

“Harapannya, dengan kegiatan ini akan semakin mempererat persatuan dan kerukunan antar umat beragama,” kata Parwanto.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 100 personil. Baik dari anggota polisi, ormas Islam, masyarakat, dan juga pengelola Gereja Kristen Jawa (GKJ) Jetis. Rencananya, kegiatan kerjabakti di tempat-tempat ibadah tersebut akan dilakukan secara bergantian setiap Jumat.

“Jangan sampai ada adu domba antara umat beragama. Kegiatan ini sebagai upaya untuk menepis isu-isu yang muncul,” ujarnya.

Kepala Satuan Koordinasi Rayon Banser Sukoharjo Kota Purwadi dalam kesempatan sama menyatakan dukungannya atas kegiatan tersebut. Menurutnya, kerjasama dengan polisi diharapkan dapat menjaga kesatuan dan persatuan umar beragama di Sukoharjo. Dalam kegiatan tersebut, Banser mengerahkan lima personilnya untuk ikut berpartisipasi.

Sedangkan Pendeta GKJ Idi Bangun Mulyono memberikan apresiasi pada polisi atas kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan yang digagas polisi tersebut sangat positif dan bermanfaat. “Kami menyambut baik kegiatan ini karena sangat positif,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *