Perbaiki Obyek Wisata Batu Seribu, Dinas Minta Bantuan Rp2,5 M ke Kementerian Pariwisata

Pintu masuk Kolam Renang di Obyek Wisata Batu Seribu, Kecamatan Bulu. Tahun ini Pemkab Sukoharjo mengalokasikan anggaran senilai Rp2,5 miliar untuk pembangunan tempat rekreasi keluarga tersebut.

Sukoharjonews.com (Bulu) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo mengajukan bantuan dana ke Kementerian Pariwisata untuk memoles Obyek Wisata Batu Seribu. Anggaran yang diajukan untuk memperbaiki obyek wisata di wilayah Kecamatan Bulu itu sebesar Rp2 miliar.

Kepala Disdikbud Sukoharjo, Darno mengatakan, pihaknya sedang mengupayakan bantuan untuk pembangunan tempat rekreasi tersebut dengan di wilayah selatan Sukoharjo tersebut. Pihaknya telah mengajukan permohonan bantuan anggaran senilai Rp2 miliar ke Kementerian Pariwisata.

“Sudah kami ajukan bantuan ke APBN dan tinggal menunggu jawaban. Karena pengajuannya tahun 2018, kemungkinan turunnya tahun 2019,” tutur Darno saat ditemui di kantornya, Jumat (13/4).

Hanya saja, pihaknya tidak bisa memastikan apakah proposal tersebut tembus atau tidak. Yang jelas, berdasarkan informasi yang dia terima, tahun ini Kementerian Pariwisata telah menyediakan anggaran untuk pengembangan sektor pariwisata se-Indonesia senilai kurang lebih Rp62 triliun.

“Disetujui atau tidak saya sendiri juga belum tahu. Kita tunggu saja, mudah-mudahan disetujui,” imbuhnya.

Darno menambahkan, pada dasarnya APBD Sukoharjo 2018 juga dialokasikan anggaran senilai Rp2,5 miliar untuk membangun Obyek Wisata Batu Seribu. Menurutnya, Detailed Engineering Desaign (DED) pembangunan proyek tersebut sudah selesai disusun dan tinggal pemaparan di depan Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya.

“Jika prosesnya berjalan lancar, Bulan Mei-Juni sudah bisa masuk lelang,” imbuhnya.

Darno menjelaskan, proyek senilai Rp2,5 miliar tersebut untuk rehabilitasi bangunan dan fasilitas yang sudah rusak. Seperti pembangunan kolam renang yang akan di desain sedemikian rupa agar lebih menarik minat pengunjung. Selain itu, anggaran juga akan digunakan untuk mengembangkan sarana permainan anak dan outbond.

“Nanti ada penambahan kolam renang untuk anak-anak,” tuturnya.

Disinggung tentang akses jalan masuk ke lokasi, Darno mengaku selama ini memang banyak dikeluhkan masyarakat. Warga berharap ada pelebaran jalan sehingga Batu Seribu mudah diakses berbagai jenis alat transpotasi massal. Terkait hal ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Sementara itu, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya membenarkan terkait alokasi dana rehab untuk Batu Seribu. Dengan rehab tersebut diharapkan objek wisata Batu Seribu semakin menarik minat masyarakat untuk berkunjung. Dengan naiknya kunjungan masyarakat secara otomatis juga akan meningkatkan kontribusi untuk daerah dari retribusi yang ada.

“Anggaran rehab untuk Batu Seribu di Kecamatan Bulu sebesar Rp2,5 miliar. Saya harap DED segera dipaparkan agar proyek bisa segera dimulai,” ujarnya. (Sofarudin)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *