Penuh Sampah, Warga Bersama TNI Bersihkan Saluran Irigasi

Warga Dukuh Pabrik, Desa Wirun dibantu anggota TNI dan juga organisasi masyarakat melakukan karya bakti membersihkan saluran irigasi dari sampah.

Sukoharjonews.com (Mojolaban) – Warga Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban bersama petugas UPTD Pertanian dan anggota TNI menggelar karya bakti (karbak) membersihkan saluran irigasi. Karbak dilakukan karena kondisi saluran irigasi tersebut penuh dengan lumpur sedimentasi. Saluran irigasi tersebut berada di areal persawahan di Dukuh Pabrik RT 01/01, Desa Wirun.



“Dalam karbak ini kami menerjunkan 10 anggota untuk membantu warga membersihkan saluran irigasi dari lumpur dan sampah,” ungkap Danramil Mojolaban Kapten Arh Tavip Joko Sukoco, Sabtu (3/2).

Menurutnya, karbak tersebut diikuti sekitar 60 orang dimana fokus karbak sendiri adalah membersihkan sampah-sampah plastik yang menghambat arus irigasi. Selama ini, aliran air saluran yang terhambat sering meluap ke jalan ketika turun hujan deras. Menurutnya, aksi karbak tersebut merupakan bentuk kepedulian dan membangun kesadaran kepada masyarakat pentingnya disiplin membuang sampah pada tempatnya.

Kepala Desa Wirun Eri Suseno menambahkan, dalam karbak tersebut warga dan anggota TNI menggunakan alat seadanya. Warga juga dibantu UPTD Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) yang menerjunkan satu unit truk pengangkut sampah untuk mengangkut sampah-sampah yang sudah dikumpulkan.

“Karbak juga didukung oleh organisasi masyarakat yang ada di Mojolaban. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap saluran irigasi yang kondisinya penuh dengan sampah,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.