Ragam  

Pengurus Dekranasda Periode 2021-2026 Dikukuhkan, Begini Pesan Bupati

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, bersama Ketua Dekranasda, Loeh Dyah Sintorini melihat-lihat stan priduk UMKM usai pengukuhan pengurus Dekranasda di Auditorium Menara Wijaya Lantai 10, Selasa (7/12/2021).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sukoharjo periode 2021-2026 resmi dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan di Auditorium Gedung Menara Wijaya Lantai 10, Selasa (7/12/2021). Pengukuhan pengurus Dekranasda tersebut dihadiri Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, dan Wakil Bupati, Agus Santosa.




Bupati mengatakan, Dekranasda sebagai lembaga nirlaba adalah mitra pemerintah dalam menghimpun para pecinta, peminat, dan penggiat kerajinan serta mengembangkan sektor kerajinan yang mayoritas merupakan usaha produktif bagi Usaha Kecil Mikro (UKM). Menurutnya, tugas dan fungsi Dekranasda adalah menjadi mitra strategis pemerintah untuk menggali, melindungi, melestarikan, membina, dan mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya bangsa untuk kesejahteraan pengrajin di Kabupaten Sukoharjo.

Dalam menghadapi era pasar digital saat ini, Etik yakin pengrajin di Kabupaten Sukoharjo telah siap dan mampu menghadapi perubahan. Seperti industri batik, lurik, rotan, gitar, dan kerajinan-kerajinan lain yang sudah dikenal secara nasional, bahkan internasional termasuk industri makanan olahan.

“Namun demikian, kita tidak boleh lengah dalam perdagangan global tersebut. Kita tetap perlu terus belajar untuk berinovasi dan berkreasi agar menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing,” pesan Etik.

Untuk pengurus Dekranasda yang baru saja dikukuhkan, Etik berharap pengurus baru dapat membangun kreativitas dan inovasi guna mendorong dan berperan aktif dalam menggali dan mengembangkan karya cipta sehingga dapat mengembangkan ekonomi kreatif dan memberoikan peran positif dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah dan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Sukoharjo.

Sedangkan Asisten II Sekda, RM Suseno Wijayanto, menyampaikan bahwa Ketua Dekranasda periode 2021-2026 adalah Loeh Dyah Sintowati yang juga istri Wakil Bupati. Dikatakan Suseno, Dekranasda sendiri merupakan wadah pengembangan kerajinan unggulan yang jadi ikon Kabupaten Sukoharjo.

“Selain itu, Dekranasda juga untuk mengembangkan produk kerajinan serta memperluas jaringan pemasaran produk kerajinan di Sukoharjo,” ujarnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *