Pengobatan Rumahan yang Efektif dan Sederhana untuk Mengatasi Keracunan Makanan

Obat untuk keracunan makanan. (Foto: harapanrakyat)

Sukoharjonews.com – Keracunan makanan disebut juga penyakit bawaan makanan, terjadi ketika kita mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi baik oleh mikroba. Mikroorganisme ini dapat mengkontaminasi makanan selama proses pengolahannya hingga mencapai kita dan menyebabkan penyakit. Keracunan makanan tidak selalu disebabkan oleh makanan dari luar, bisa juga terjadi karena makanan tidak ditangani dengan benar atau dimasak di rumah juga. Gejala keracunan makanan bisa dimulai dalam beberapa jam setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi.


Dikutip dari The Statesman, pada Selasa (16/4/2024), inilah beberapa pengobatan rumahan yang dapat mrngatasi keracunan makanan:

1. Air Lemon
Lemon membantu menghilangkan bakteri yang merusak perut Anda, berkat sifat asamnya. Untuk membersihkan sistem pencernaan Anda, tambahkan sejumput gula ke dalam satu sendok teh jus lemon dan minum larutan ini dua hingga tiga kali sehari. Anda juga bisa memeras jus satu buah lemon utuh ke dalam segelas air hangat dan meminumnya sepanjang hari

2. Kemangi
Ramuan ini dikenal dapat meredakan ketidaknyamanan perut, termasuk keracunan makanan. Selain itu, sifat anti-mikrobanya membantu menghilangkan bakteri atau mikroorganisme di perut. Rebus segenggam daun kemangi segar bersama dengan dua hingga tiga gelas air. Setelah dingin, tambahkan sedikit madu dan minumlah sepanjang hari. Anda juga bisa menambahkan beberapa daun kemangi segar ke dalam semangkuk yogurt tawar untuk menambah rasa.


3. Madu
Dikenal karena sifat antibakteri dan antijamurnya, madu membantu menyembuhkan gangguan pencernaan serta gejala keracunan makanan lainnya. Nikmati satu sendok teh madu organik tiga kali sehari untuk mengontrol pembentukan asam berlebih, yang pada gilirannya akan membantu menyembuhkan sakit perut Anda.

4. Biji Jintan
Biji jintan atau jeera meredakan ketidaknyamanan dan peradangan yang disebabkan oleh keracunan makanan. Anda bisa mengunyah jeera sepanjang hari, atau menyiapkan minuman herbal ini. Rebus satu sendok teh biji jintan dalam satu gelas air. Anda bisa menambahkan satu sendok teh jus ketumbar dan sedikit garam ke dalam minuman herbal ini atau mencoba menyiapkannya menggunakan asafoetida dan garam. Minumlah dua kali sehari untuk membersihkan sistem Anda.


5. Yogurt dan Biji Fenugreek
Sifat antimikroba dan antibakteri dalam yogurt membantu melawan bakteri penyebab keracunan makanan. Biji fenugreek mengobati ketidaknyamanan perut. Rendam satu sendok teh biji fenugreek sampai lunak. Konsumsilah biji ini diikuti dengan satu sendok teh yogurt. Ulangi ini secara berkala sepanjang hari.

6. Jus Jeruk
Jus jeruk segar kaya akan mineral, vitamin, dan nutrisi yang membantu mengembalikan tingkat tekanan darah tubuh Anda dalam kisaran normal. Haluskan enam hingga tujuh jeruk berukuran sedang dalam blender dan tambahkan dua sendok makan sirup tepung maizena. Minumlah jus ini beberapa kali sehari untuk meredakan nyeri secara instan.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *