Pelebaran Jalan Sugihan-Paluhombo Masuki Tahap Appraisal

Salah satu ruas jalan di Desa Mertan, Kecamatan Bendosari yang akan dilebarkan. Tahun ini pembebasan lahan akan dilakukan oleh Pemkab.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pemkab Sukoharjo masih fokus melakukan proses peningkatan ruas jalan Sugihan-Paluhombo, Bendosari. Peningkatan jalan tersebut dalam rangka persiapan membangun jalur lingkar timur (JLT) untuk pengembangan infrastruktur kawasan industri. Total ada 468 bidang tanah yang akan dibebaskan dengan sumber dana APBD Sukoharjo. Saat ini, proses memasuki tahapan aprraisal nilai tanah yang akan dibebaskan.



Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa menjelaskan, peningkatan jalan di Sugihan-Paluhombo Bendosari menjadi bagian dalam proyek JLT. Pemkab Sukoharjo sendiri serius merealisasikan proyek JLT. Pasalnya, jalan tersebut menjadi jalur alternatif khususnya kendaraan besar untuk mengurangi kemacetan di tengah kota Sukoharjo.

“JLT rencananya dibangun melintasi wilayah Kecamatan Nguter, Bendosari sampai ke Mojolaban. JLT akan terhubung ke flyover di Palur, Karanganyar,” jelas Agus, Selasa (3/7).

Menurutnya, saat ini proses masih berkaitan dengan pembebasan tanah. Kegiatan tersebut melibatkan tim appraisal dengan dibuktikan kepemilikan sertifikat. Tim tersebut dilibatkan sebagai bagian dari pemenuhan aturan. Tim appraisal memiliki peran sangat penting dalam kelancaran proyek pembangunan JLT. Salah satunya berkaitan dengan penghitungan taksiran harga tanah.

Untuk wilayah terdampak pembangunan jalan tersebut meliputi Desa Sugihan, Mertan dan Bendosari semuanya di Kecamatan Bendosari. Panjang Jalan yang akan dibangun sepanjang 5,2 kilometer. Kebutuhan badan jalan 16 meter dan luas bidang pengadaan tanah 2,86 hektar atau 468 bidang tanah yang akan dibebaskan.

“Status tanah yang terkena dampak terdiri dari kepemilikan pribadi, wakaf, yayasan, lembaga dan pemerintah,” ujarnya.

Nantinya, setelah pembebasan lahan selesai, pembangunan tahap pertama dikerjakan Juli sampai Desember 2018 berupa betonisasi disepanjang embrio jalan Sugihan-Paluhombo dengan lebar 11 meter dan pembangunan jembatan Bleki I. Tahap kedua dikerjakan Januari 2019 sampai Desember 2019 setelah selesai proses pengadaan tanah sepanjang 5,2 kilometer dengan luas 2,86 hektar dilanjutkan pembangunan peningkatan ruas jalan dengan badan jalan 16 meter sepanjang 5,2 kilometer. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.