Ragam  

Operasi Zebra Sukoharjo, Pelanggaran Didominasi Tidak Kenakan Helm, Disusul Sabuk Pengaman

Tilang Etle Satlantas Polres Suukoharjo terhadap pengemudi mobil yang tidak mengenakan sabuk pengaman.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Operasi Zebra Candi 2022 telah selesai per Minggu (16/10/2022). Untuk Kabupaten Sukoharjo, pelanggaran kasat mata tanpa mengenakan helm mendominasi sanksi tilang dengan sistem electronic traffic law enforcement (Etle). Setelah itu disusul pelanggaran tidak mengenakan sabuk pengamanan untuk kendaaran roda empat.


“Selama Operasi Zebra Candi 2022 di Sukoharjo, total sebanyak 2.944 pelanggar lalu lintas terkena tilang. Jumlah pelanggaran tersebut terekam Etle statis dan Etle mobile,” jelas Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Selasa (18/10/2022).

untuk rincian pelanggaran yang terkena tilang Etle meliputi pelanggaran tidak memakai helm sebanyak 1.396, tidak menggunakan sabuk pengaman sebanyak 741 pelanggar, pelanggaran marka/rambu sebanyak 501, dan pelanggaran kelengkapan sebanyak 306.

“Jumlah 2.944 pelanggaran tersebut yang terkena tindakan, pasalnya selain tindakan petugas juga telah memberi teguran kepada 1.510 pengendara motor maupun pengemudi mobil,” ujar Kapolres.

Menurut AKBP Wahyu, Operasi Zebra Candi 2022 bertujuan membangun budaya masyarakat yang patuh dan tertib lalin. “Targetnya, mampu menekan pelanggaran lalin dan kecelakaan, sehingga tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas,” ungkapnya.

Tercatat tujuh sasaran prioritas dalam Operasi Zebra Candi 2022, yakni pengemudi atau pengendara bermotor yang mengoperasikan handphone saat berkendara, pengendara bermotor masih di bawah umur.

Berikutnya, pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm ber-SNI, pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman, pengendara yang mengonsumsi alkohol, melawan arus lalu lintas, serta mengemudi melebihi batas kecepatan.

Operasi Zebra Candi 2022 mengedepankan kegiatan bersifat edukatif, persuasif, humanis, dan didukung teguran bersifat simpatik guna meningkatkan simpati dan kepercayaan masyarakat kepada Polri. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *