Nvidia dan MediaTek Bermitra untuk Mengembangkan Sistem Kendaraan Canggih dengan Streaming Video, Menjalankan Game, dan Lainnya

Kolaborasi Nvidia dan MediaTek. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Industri otomotif dengan cepat menjadi lebih terintegrasi dengan teknologi modern. Dulunya merupakan sektor yang berakar pada rekayasa motor, kini secara bertahap menjadi digital dengan penyebaran teknologi seperti kendaraan listrik dan penggerak otonom. Ini menciptakan peluang baru bagi perusahaan dari semua ukuran. Namun, tidak mudah untuk masuk ke pasar yang didominasi oleh pabrikan berusia seabad.


Dilansir dari Gizmochina, Kamis (1/6/2023), untuk berhasil, banyak perusahaan menyadari bahwa kolaborasi itu penting. Misalnya, Nvidia dan MediaTek baru-baru ini bermitra untuk mengembangkan teknologi mobil yang terhubung. Berikut detailnya…

Nvidia dan MediaTek telah mengumumkan kemitraan untuk mengembangkan sistem infotainment kendaraan canggih. Kemitraan ini akan membuat MediaTek mengintegrasikan chiplet dan perangkat lunak GPU Nvidia ke dalam system-on-chips (SoC), yang disediakan untuk pembuat mobil untuk tampilan infotainment. Kemitraan ini akan memungkinkan pembuat mobil untuk mengembangkan pengalaman di dalam kendaraan yang lebih canggih dan imersif.


Sistem akan mampu melakukan streaming video, menjalankan game, dan tugas AI untuk berinteraksi dengan driver. Tampilan dasbor akan memberikan tampilan eksternal dari lingkungan kendaraan, sementara kamera akan memantau pengemudi.

“Industri otomotif membutuhkan perusahaan kuat yang dapat bekerja sama dengan industri selama beberapa dekade dalam satu waktu,” ujar Kepala Eksekutif Nvidia, Jensen Huang pada konferensi pers di Taipei, merujuk pada siklus produk yang panjang bagi pembuat mobil.


Kemitraan ini merupakan kudeta besar bagi Nvidia, yang ingin memperluas jangkauannya ke pasar otomotif. MediaTek adalah pemasok semikonduktor terkemuka untuk industri otomotif, dan kemitraannya dengan Nvidia akan memberi keuntungan besar bagi perusahaan dalam pengembangan sistem infotainment canggih.

Sistem infotainment adalah komputer dalam mobil yang mengontrol hal-hal seperti radio, navigasi, dan kontrol iklim. Mereka menjadi semakin canggih, dengan fitur-fitur seperti pengenalan suara, video streaming, dan game. Kemitraan Nvidia dan MediaTek akan memungkinkan mereka untuk mengembangkan sistem infotainment yang bahkan lebih canggih dan ramah pengguna. Kemitraan ini juga menjadi tanda semakin pentingnya AI di industri otomotif. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *