New Kawasaki Z650 2024 Diluncurkan, Cek Spesifikasi dan Harganya

New Kawasaki Z650 2024. (Foto: Greatbiker)

Sukoharjonews.com – Seringkali menjadi model yang terabaikan untuk Kawasaki Z650, sebuah motor gede berukuran sedang. Itu selalu dibandingkan dari segi teknologi dengan pesaing. Baru-baru ini Kawasaki Jepang telah merilis versi update terbarunya yang tidak hanya mengubah warna motor, namun ada perbaikan dari segi struktur untuk meningkatkan efisiensi berkendara lebih baik dari sebelumnya.


Dikutip dari Greatbiker, Selasa (21/5/2024), Kawasaki Z650 terutama dibandingkan dengan pesaing langsungnya, Yamaha MT-07, yang menggunakan mesin serupa. Namun tidak bisa bersaing secara teknologi.

Hal tersebut juga dikaitkan dengan rival abadinya seperti Honda CB650R dan Hornet 500, terutama model pertama yang memiliki kapasitas mesin yang sama. Namun keduanya berbeda dalam hal gaya mesin. Atau model terakhir akan memiliki gaya mesin yang sama. Namun keduanya mempunyai kapasitas yang berbeda. Alhasil, harga jual Z650 kerap kalah dengan Hornet 500 jika melihat perlengkapan inovatif pada mobil tersebut.

Namun, Kawasaki Jepang sendiri tidak cuek dengan hal tersebut. Kawasaki tetap mempertahankan caranya sendiri Dengan pembaruan model baru yang didasarkan pada prinsip desain yang selalu dipegang, seperti Sugomi Design, dengan model baru Ada perbaikan pada struktur baru.

New Kawasaki Z650 2024. (Foto: Greatbiker)

Ia memiliki rangka teralis satu bagian yang beratnya hanya 15 kilogram, yang membuat kendaraan ini secara keseluruhan lebih ringan dibandingkan kompetitornya. Ini juga memberikan kontrol yang lebih mudah dan tepat.

Hal serupa juga terjadi pada sistem suspensi yang kerap dianggap ketinggalan jaman, namun di sisi lain sistem suspensi Z650 dinilai menjadi yang terbaik di kelasnya untuk sepeda motor produksi pabrik Jepang. Padahal memiliki gaya yang tidak sesuai dengan fashion. Namun performa shockbreaker depan teleskopik standar sudah diperhitungkan dengan baik.


Dipadukan dengan sistem suspensi horizontal back link yang menjadi ciri khas produk Kawasaki, menghasilkan sistem suspensi kendaraan. Cocok digunakan dan memenuhi kebutuhan fitur berkendara yang dapat disesuaikan dengan karakteristik penggunaan menyeluruh.

Sedangkan perlengkapan pada kendaraannya sendiri telah disesuaikan menjadi lebih modern. Baik dari segi sistem pencahayaan LED di sekitar motor, tampilan layar TFT memiliki kemampuan untuk terhubung ke smartphone melalui aplikasi Rideology.

Motor tersebut dilengkapi dengan fungsi sistem bantuan seperti KTRC (Kawasaki Traction Control System) yang meningkatkan tingkat adhesi jalan kendaraan. Sistem rem cakram depannya menggunakan cakram ganda. Dilengkapi dengan sistem pengereman ABS, semua itu menjadi elemen yang patut dimiliki sebuah sepeda motor modern.


Sementara mesin model 2024 tidak mengalami perubahan dari generasi sebelumnya. Masih akan menggunakan mesin 649 cc, 2 silinder, 4 tak, DOHC, 8 katup dengan sistem pendingin cair. Tenaga maksimumnya mencapai 68 tenaga kuda (PS) pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 63 Newton meter pada 6.700 rpm.

Sedangkan untuk warnanya, terdapat update baru dengan menggunakan tone Metallic Spark Red yang mungkin terlihat mirip dengan warna Jandy Persimmon Red x Ebony yang diluncurkan pada akhir tahun 2023, namun dengan update baru. Muncul dengan pelek merah yang serasi dengan fairingnya. Seiring dengan pembaruan pola pada bodi baru. Menjadi lebih sporty, lebih ramping dan lebih menarik dari sebelumnya.

Sedangkan untuk harga jualnya di Jepang, New Kawasaki Z650 2024 akan dibanderol dengan harga 1.012.000 Yen atau sekitar Rp103,9 jutaan (harga sudah termasuk pajak konsumsi di Jepang), yang dianggap sebagai harga yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Sedangkan untuk Z650 versi Thailand saat ini tersedia dalam warna Candy Lime Green / Metallic Spark Black yang dijual seharga 292.200 Baht atau Rp129,6 jutaan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *