MWC 2024: Lenovo Memperkenalkan ThinkPad T14 Gen 5 dengan Fokus Utama pada Kemampuan Perbaikan

Lenovo ThinkPad T14 Gen 5. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Lenovo memberikan pembaruan besar pada seri ThinkPad T yang populer dengan dirilisnya ThinkPad T14 Gen 5. Ini bukan hanya tentang prosesor baru; Lenovo kembali fokus pada kemampuan perbaikan pada laptop ThinkPad T generasi ini.


Dikutip dariGizmochina, Minggu (3/3/2024), ThinkPad T490 dari tahun 2019 beralih dari kemudahan perbaikan pendahulunya, T480. Lenovo menghadirkan kembali fitur tersebut pada T14 Gen 5, yang menonjol karena penekanannya pada kemampuan perbaikan dan desain yang diperbarui.
Spesifikasi Lenovo ThinkPad T14 Gen 5

Laptop ini hadir dengan layar OLED 120 Hz, yang menawarkan peningkatan kecerahan (hingga 400 cd/m²) dan pengurangan konsumsi daya untuk opsi tampilan standar WUXGA, berkat film optik baru.

Secara visual, T14 Gen 5 tampak seperti ThinkPad lainnya dengan bezel tipis, konfigurasi webcam takik terbalik, dan logo khas ThinkPad dalam finishing hitam timbul.


Namun keyboard telah didesain ulang dengan tombol FN/Ctrl yang ditukar, tombol/tombol menu Co-Pilot Windows, dan tanda sentuhan untuk navigasi yang lebih mudah.

Berbeda dengan versi lamanya, T480, ThinkPad T14 Gen 5 menyertakan dua slot SO-DIMM, yang memungkinkan maksimal 64GB RAM DDR5 yang dapat diganti pengguna.

Lenovo juga mendesain ulang baterainya menjadi Customer Replacement Unit (CRU), artinya pengguna dapat menggantinya sendiri. Perubahan ini dimungkinkan dengan menggunakan konektor click-in, bukan kabel standar dalam desain laptop.

Tidak hanya baterai dan RAM, SSD dan WWAN juga dapat diganti oleh pengguna. Ada juga indikator visual yang ditambahkan untuk memudahkan perbaikan.


Dengan dukungan dari tim iFixit, Lenovo mengatakan pihaknya juga telah mengembangkan panduan perbaikan baru, termasuk prosedur video, untuk semua komponen CRU. Sebagai hasil dari semua ini, ThinkPad T14 Gen 5 telah mendapatkan skor kemampuan perbaikan iFixit sebesar 9,3 dari 10.

Pilihan prosesor untuk T14 Gen 5 termasuk Intel Core Ultra dengan Meteor Lake H dan Ryzen 8040U. Berbeda dengan pendahulunya, tidak ada opsi GPU Nvidia khusus. Fitur baru termasuk WiFi 7 opsional dan Sub6 5G/LTE.

Harga
Lenovo berencana untuk mulai mengirimkan ThinkPad T14 Gen 5 berbasis Intel pada bulan April, dengan harga mulai USD1.200 atau Rp18,8 jutaan. Versi AMD akan menyusul pada bulan Mei nanti, mulai dari USD950 atau Rp14,9 jutaan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *