Mengatasi Sinusitis Secara Pribadi

Mengatasi sinusitis. (Foto: halodoc)

Sukoharjonews.com – Seseorang yang mengalami sinusitis akan merasakan rasa sakit pada sekitar pipi dan dahi. Rasa sakit tersebut terjadi karena adanya tekanan pada rongga sinus. Karena ketika peradangan terjadi, selaput lendir rongga sinus akan membengkak, lalu cairan yang terdapat dalam sinus menumpuk dan menekan rongga sinus, yang sebenarnya cairan tersebut seharusnya dialirkan keluar.


Dilansir dari IHS Telemed, Rabu (3/4/2024), walaupun sinusitis dapat berangsur sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2 – 3 minggu, tetap ada tindakan yang harus dilakukan untuk meredakan gejalanya. Oleh karena itu, tindakan penanganan yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah cukup penting bagi penderita sinusitis.

1. Menghirup uap hangat
Untuk membantu meredakan sinusitis dapat dilakukan salah satunya dengan menghirup uap hangat sebanyak 3 kali dalam sehari yang dapat dilakukan dengan baskom maupun mangkuk berisikan air panas, atau bisa juga menggunakan kompres handuk yang telah direndam air hangat. Letakkan kompres hangat di sekitar kening dan hidung, dan bernapas seperti biasa untuk untuk menghirup uap air yang berasal dari kompres.


2. Membilas hidung
Irigasi nasal atau penanganan sinusitis yang dapat membersihkan sinus dari kotoran dan lendir yang mengiritasi sinus serta dapat menurunkan potensi pembengkakan. Cara membilas hidung yang benar untuk menangani sinusitis adalah sebagai berikut:

· Larutkan 1 sendok teh garam pada 1 liter air hangat suam kuku, bila ingin mengurangi rasa asin bisa menambahkan ⅟₂ sendok teh baking soda pada larutan tersebut.
· Masukkan larutan garam tersebut ke dalam teko kecil atau neti pot yang dapat dibeli di apotek.
· Bersandarlah ke wastafel lalu miringkn kepala
· Alirkan larutan garam tersebut ke salah satu lubang hidung
· Biarkan larutan mengalir keluar melalui lubang hidung lainnya
· Selama proses ini berlangsung, gunakan mulut untuk bernapas


3. Menjaga kelembapan udara dalam ruangan
Bagi penderita sinusitis, menghirup udara yang kering dapat mengakibatkan iritasi pada sinus. Namun, menghirup udara lembab mampu mengurangi keluhan hidung tersumbat. Oleh karena itu, menjaga kelembapan udara dalam ruangan, juga menjadi salah satu tindakan yang dapat dilakukan dalam mengatasi sinusitis. Seperti dengan pemasangan humidifier atau alat pelembap udara di kamar atau pada ruangan yang sering digunakan.

4. Penuhi asupan cairan tubuh
Guna membantu mengencerkan lendir hingga memudahkannya keluar dari rongga sinus yang membengkak, perbanyak minum air putih atau jus buah-buahan. Kurangi jumlah konsumsi kafein yang dapat memicu dehidrasi, serta alkohol yang dapat menambah pembengkakan pada sinus.

5. Pastikan rumah memiiki sirkulasi udara yang baik
Kondisi sinusitis dapat memburuk bila ruangan rumah tidak memiliki udara yang segar atau pengap karena jendela atau ventilasi rumah yang tertutup rapat. Jadi, pastikan udara di dalam rumah tetap segar dengan membuka ventilasi atau jendela rumah setiap pagi. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *