Manfaat Serai untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat serai untuk kesehatan.(Foto: umsu)

Sukoharjonews.com – Serai, atau dikenal juga sebagai sereh, adalah tanaman yang memiliki daun panjang dan batang yang sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Tanaman ini berasal dari daerah tropis di Asia dan Afrika, tetapi sekarang telah menyebar ke seluruh dunia karena ketergantungan masyarakat terhadap keunikannya dalam memberikan rasa dan aroma yang istimewa pada makanan.


Aroma khas serai berasal dari kandungan minyak atsiri di dalamnya, terutama senyawa citronellal, geranial, dan neral. Senyawa-senyawa inilah yang memberikan serai keharuman khasnya yang tidak hanya disukai oleh manusia, tetapi juga menjadi musuh utama nyamuk. Selain itu, serai mengandung zat besi, magnesium, fosfor, folat, dan berbagai nutrisi lain yang penting untuk kesehatan. Dikutip dari Young On Top, pada Selasa (21/5/2024) berikut adalah manfaat kebaikan dari serai untuk tubuh:

1. Mengandung Antioksidan: Serai kaya akan antioksidan seperti asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Sifat Anti-inflamasi: Senyawa dalam serai memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

3. Detoksifikasi Tubuh: Serai membantu detoksifikasi dengan merangsang fungsi hati dan ginjal, membantu pembuangan racun dari tubuh.


4. Meningkatkan Sirkulasi Darah: Serai membantu meningkatkan aliran darah, yang mendukung sistem kekebalan tubuh dengan memastikan nutrisi dan oksigen tersebar ke seluruh tubuh.

5. Meredakan Gejala Flu dan Batuk: Serai sering digunakan untuk meredakan gejala flu, batuk, dan pilek karena sifatnya yang menenangkan.

6. Mengandung Vitamin C: Serai mengandung vitamin C yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

Demikian beberapa manfaat dari serai untuk kesehatan tubuh. Selamat mencoba!(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *