Manfaat Minyak Zaitun yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat minyak zaitun.(Foto: aido health)

Sukoharjonews.com – Minyak zaitun (olive oil) merupakan minyak hasil pengolahan buah zaitun yang terkenal dengan segudang manfaat bagi tubuh, termasuk kulit dan wajah.


Dilansir dari Siloam Hospital, Kamis (25/4/2024), manfaat minyak zaitun untuk kulit salah satunya adalah membantu melembapkan dan membuat kulit lebih cerah. Inilah mengapa minyak zaitun sering kali digunakan sebagai bahan produk perawatan kulit. Mari ketahui apa saja manfaat minyak zaitun untuk wajah dan kulit selengkapnya melalui artikel berikut ini.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit
Manfaat minyak zaitun untuk kulit diperoleh dari efek antioksidan yang berasal dari kandungan squalene, oleocanthal, dan vitamin E. Kandungan minyak zaitun tersebut membuatnya diyakini dapat membantu menjaga kesehatan kulit, seperti mengurangi jerawat, melembapkan, hingga mencerahkan kulit dan masih banyak lagi. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Mengurangi Jerawat
Manfaat minyak zaitun untuk wajah adalah membantu mengatasi jerawat. Khasiat minyak zaitun ini berasal dari efek antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Untuk memperoleh manfaat ini, Anda dapat menggunakan sabun wajah yang mengandung minyak zaitun. Agar lebih maksimal, iringi dengan penggunaan produk perawatan khusus secara rutin, seperti serum anti jerawat.


2. Menjaga Kelembapan Kulit
Minyak zaitun adalah bahan alami yang bisa membantu mengatasi kulit kering. Manfaat minyak zaitun untuk kulit kering adalah mengembalikan dan menjaga kelembapan kulit. Pasalnya, vitamin E dalam minyak zaitun dapat meningkatkan kemampuan kulit menyerap air. Sementara itu, kandungan squalene berperan mengunci air di kulit. Kedua fungsi tersebut akan membuat wajah tetap terhidrasi.

3. Mengatasi Iritasi pada Kulit
Fungsi minyak zaitun selanjutnya adalah untuk mengatasi iritasi pada kulit. Terdapat kandungan zat antioksidan yang berperan sebagai antiradang untuk mengurangi tanda-tanda iritasi, seperti kulit terasa kering dan mengelupas. Untuk mendapatkan khasiat minyak zaitun secara optimal, pastikan Anda tidak menggunakannya secara berlebihan.

Pasalnya, penggunaan minyak zaitun yang berlebihan justru dapat menyebabkan kondisi iritasi semakin parah, terutama pada kulit sensitif. Karena itu, orang yang sedang mengidap psoriasis atau eksim tidak disarankan menggunakan minyak zaitun dalam jumlah banyak.


4. Menunda Munculnya Tanda-Tanda Penuaan
Manfaat minyak zaitun untuk wajah berikutnya adalah membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti garis halus pada kulit. Manfaat ini didapatkan dari senyawa antioksidan di dalamnya yang mampu mencegah kerusakan kulit akibat efek radikal bebas. Selain itu, minyak zaitun juga dapat merangsang produksi kolagen di kulit sehingga kulit tampak lebih kencang dan kenyal.

5. Mencerahkan Kulit
Fungsi minyak zaitun tidak hanya menunda munculnya tanda-tanda penuaan, namun juga dapat mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit. Sama halnya dengan poin sebelumnya, manfaat ini juga diperoleh dari kandungan senyawa antioksidan yang dimiliki oleh minyak zaitun.

6. Memudarkan Bekas Jerawat
Selain mencerahkan kulit, khasiat minyak zaitun juga dapat memudarkan bekas jerawat di wajah juga menjadi salah satu manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah. Hal ini diketahui berasal dari kandungan vitamin E di dalamnya yang berfungsi untuk menghilangkan bekas jerawat serta membantu regenerasi kulit. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *