Lokasi Mancing Baru, Embung Juron Ditebari 160.000 Benih Ikan

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Sukoharjo Etik Suryani melakukan penebaran benih ikan di Embung Juron, Kecamatan Nguter, Jumat (23/3).

Sukoharjonews.com (Nguter) – Pemkab Sukoharjo berusaha menggenjot konsumsi ikan dengan mengkampanyekan Gerakan Memasyaratkan Makan Ikan (Gemarikan). Selain itu, Pemkab juga meningkatkan produksi ikan dimana salah satu upaya yang dilakukan dengan penebaran benih ikan di Embung Juron, Kecamatan Nguter. Penebaran benih dipimpin langsung oleh Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Sukoharjo Etik Suryani, Jumat (23/3).



Dalam kesempatan itu, Etik menyampaikan, tingkat kebutuhan konsumsi ikan di Kabupaten Sukoharjo tahun 2017 mencapai 17,9 kg/kapita/tahun. Jumlah itu naik 0,7 kg/kapita/tahun dibanding tahun lalu. Disisi lain, target dari Pemerintah Provinsi Jateng sendiri sebesar 26,5 kg/kapita/tahun.

”Kami optimistis angka konsumsi ikan kita akan dapat naik lebih tinggi dan pada saatnya nanti dapat mencapai target provinsi sekitar 26,5 kg/kapita/tahun,” ujar Etik.

Dalam rangka mewujudkan target tersebut, Pemkab Sukoharjo mengajak ibu-ibu untuk memperhatikan pola menu keluarga sebagai asupan yang baik dan sehat bagi anggota keluarganya. Hal itu untuk mewujudkan keluarga yang sehat, kuat, dan cerdas serta mendorong masyarakat bisa memanfaatkan lahan terbatas untuk mengembangkan usaha budidaya ikan.

Selain itu, ujar Etik, dalam rangka percepatan peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Sukoharjo, Forikan juga rutin mengadakan berbagai kegiatan. Seperti lomba masak ikan, pelatihan pengolahan hasil perikanan, bazar olahan ikan, pelatihan pengolahan hasil perikanan, bazar olahan ikan, serta penyuluhan Gemarikan.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Netty Harjianti mengatakan, untuk menggenjot produksi ikan, pihaknya menebar 160.000 benih di Embung Juron. Terdiri dari benih ikan nila 25.000 ekor, mujair 100.000 ekor, nilem 5.000 ekor dan patin 30.000 ekor. Selain itu, tahun ini juga ada bantuan benih ikan dari Provinsi Jateng sebanyak 664.440 ekor. Benih ikan tersebut akan ditebar di perairan umum Waduk Mulur Bendosari sebanyak 184.400 ekor, Embung Gentan Bulu 150.040 ekor, dan sungai Menuran Baki dan 170.000 ekor.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan penebaran benih ikan ini sebagai salah satu upaya meningkatkan populasi ikan di perairan umum serta dapat menjaga kelestarian ekosistem. Disamping itu juga untuk meningkatkan konsumsi dan budaya gemar makan ikan sebagai menu keluarga,” paparnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.