Tidak Biasa, Pengumuman Hasil Tryout di SMPN 3 Sukoharjo

Siswa SMPN 3 Sukoharjo memainkan gamelan dalam acara gelar potensi, Jumat (16/3).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Suasana pengumuman nilai hasil Ujian Tengah Semester (UTS) dan nilai tryout di SMPN 3 Sukoharjo tampak lain dari biasanya, Jumat (16/3). Tampak sejumlah stand yang memamerkan beragam buah tangan para siswa di halaman sekolah tersebut. Suasana siang itu juga dimeriahkan dengan pertunjukan seni tari yang diiringi gamelan Dhemes Laras oleh para siswa.

Kepala SMPN 3 Sukoharjo, Suratman mengatakan, kegiatan tersebut menampilkan karya-karya siswa baik dari kegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler. Diantaranya, hasil bercocok tanam dengan media air (hidroponik), lampu hias dari barang-barang bekas, dan lain sebagainya.

“Ada dua kegiatan hari ini, penyerahan nilai tryout dan UTS (Ujian Tengah Smester) dan gelar potensi siswa,” tutur Suratman.

Dalam kesempatan itu juga ditampilkan peragaan busana yang dirancang para siswa. Busana tersebut dibuat dari barang-barang bekas, seperti botol, kertas dan plastik. Suratman menambahkan, orangtua dan wali murid dapat membeli buah karya para siswa yang pamerkan siang itu.

“Semua yang ditampilkan murni karya seni siswa. Dari siswa, oleh siswa dan untuk kita. Kami para guru sifatnya hanya mengarahkan, mendampingi dan memfasilitasi,” imbuhnya.

Masih menurut Suratman, kegiatan tersebut baru kali pertama digelar di SMPN 3 Sukoharjo. Grup karawitan Dhemes Laras (Dhemen Mangesti Endahing Seni) itu juga baru terbentuk menjelang geralan tersebut. Rencananya, kegiatan serupa akan digelar secara rutin. Dengan harapan dapat mendongkrak minat dan kreativitas siswa.

“Walaupun termasuk diperkotaan, ternyata para siswa masih berminat melestarikan seni budaya jawa ini,” imbuhnya. (Sofarudin)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.