Lapak PKL Alun-Alun Segera Ditertibkan

Satpol PP berencana membongkar lapak PKL semi permanen di kawasan Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo. PKL diminta menggunakan lapak bongkar pasang.

Sukoharjonews.com – Lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) di sekitar Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo segera ditertibkan. Penertiban akan dilakukan oleh Satpol PP yang menilai keberadaan lapak semi permanen tersebut semakin hari semakin kumuh dan semrawut.

“Pendataan sudah dilakukan termasuk sosialisasi rencana penertiban lapak PKL di seputar alun-alun,” terang Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo, Sabtu (7/10).

Heru mengaku terkait rencana penertiban lapak PKL tersebut, Satpol PP sudah koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Khususnya dengan Bidang Aset Badan Keuangan Daerah (BKD). Pasalnta, lapak PKL tersebut tercatat milik aset daerah. Meski lapak PKL tersebut merupakan aset daerah, selama ini kontribusi yang diberikan tidak sesuai harapan.

“Sesuai data yang ada, jumlah lapak yang ada sekitar 40 unit. Dalam satu bulan kontribusi pada daerah berupa retribusi hanya sekitar Rp1,2 juta,” tegasnya.

Dikatakan Heru, penertiban lapak PKL alu-alun akan dilakukan dengan pembongkaran. Setelah itu, PKL yang selama ini menempati lapak tersebut diminta menggunakan lapak bongkar pasang. Terkait apakah nanti Pemkab yang akan menyediakan lapak bongkar pasang atau diusahakan sendiri oleh PKL, Heru mengaku akan dikoordinasikan lebih lanjut pada instansi terkait.

Yang jelas, ujar Heru, lapak PKL semi permanen yang ada di seputar alun-alun saat ini merupakan milik Bidang Aset BKD. Sehingga, rencana penertiban lapak dengan cara pembongkaran akan lebih mudah. Berbeda jika lapak milik PKL sendiri. “Penertiban dilakukan agar kawasan alun-alun terlihat bersih dan tertata. Tidak kumuh dan semrawut seperti saat ini,” tambah Heru. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *