KPU Persiapkan Pilgub 2018

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo menggelar Rapat Koordinasi dengan instansi terkait mengenai daftar pemilih untuk Pilgub 2018. (foto: dok KPU Sukoharjo)

Sukoharjonews.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 salah satunya akan diikuti Provinsi Jateng yang akan memilih Gubernur. Untuk menghadapi Pilgub tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo sudah melakukan persiapan utamanya mengenai data pemilih. Koordinasi lintas instansi pun sudah dilakukan.

“Persiapan sudah kami mulai sejak Agustus lalu. Salah satunya dengan menggelar Rapat Koordinasi dengan instansi terkait,” jelas Ketua KPU Sukoharjo Kuswanto SH MH, Jumat (8/9).

Dia menuturkan, untuk tahap awal ini KPU di daerah lebih pada persiapan untuk melakukan pemutakhiran daftar pemilih. Daftar pemilih tersebut disiapkan dan akan digunakan untuk Pilgub maupun Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres).

Terkait daftar pemilih untuk Pilgub sendiri, Kuswanto mengaku sudah melakukan Rapat Koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), Dinas Komunikasi dan Informasi, dan Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Pemkab Sukoharjo. Rapat koordinasi terkait daftar pemilih penting dilakukan sejak dini untuk singkronisasi, keakuratan data dan akuntabel.

“Data pemilih berkelanjutan ini kemungkinan untuk persiapan Pilgub 2018, Pilihan Legislatif (Pileg) dan Pilihan Presiden Serentak 2019,” ujarnya.

Kuswanto juga mengatakan, singkronisasi data tidak selesai hanya dalam satu pembahasan saja. Rencananya, KPU akan terus melakukan update daftar pemilih. Dari koordinasi awal, data penduduk Sukoharjo mengalami peningkatan. Pada 2016 akhir sebanyak 893.914 penduduk dan sesuai data Dispendukcapil sampai 25 April 2017 jumlah penduduk Sukoharjo sudah mencapai 914.677. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.