Klaten Terima 2.200 Dosis Vaksin PMK, Begini Pembagiannya di Tiap Puskeswan

Ilustrasi. (Foto: Dok Pemkab Klaten)

Sukoharjonews.com (Klaten) – Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian memberikan bantuan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk daerah. Seperti Kabupaten Klaten yang menerima 2.200 dosis vaksin PMK untuk tahap 1 ini. Vaksin tersebut langsung didistribusikan ke Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di wilayah Klaten.


Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Klaten, Triyanto mengatakan bahwa di tahap 1 ini Kabupaten Klaten mendapatkan alokasi vaksin PMK sebanyak 2.200 dosis. Vaksin tersebut kemudian dibagi di lima wilayah layanan Puskeswan.

“Saat ini proses skrining terus dilakukan untuk ternak yang akan divaksin. Sebanyak 2.200 dosis ini diprioritaskan untuk ternak sapi,” paparnya, dikutip dari laman Pemkab Klaten, Selasa (28/6/2022).

Dikatakan Triyanto, vaksin tersebut merupakan didapatkan melalui Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Jumlah vaksin tersebut diakui Triyanto belum mencukupi karena populasi ternak sapi di Klaten mencapai 116 ribu ekor.

“Vaksinasi PMK dikhususkan bagi ternak sapi yang sehat dan tidak tertular PMK serta ternak yang masa pemeliharaannya lama, seperti pedet (anakan sapi) dan sapi betina,” katanya.

Triyanto juga mengatakan, untuk sapi yang menjadi suspek PMK justru tidak diberikan vaksinasi namun difokuskan pada penanganan penyakitnya. Termasuk sapi yang akan dijadikan sebagai hewan kurban saat Idul Adha mendatang.

“Petugas Keswan masih melakukan pendataan titik vaksinasinya bersama dengan petugas PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan). Satu dosis untuk satu ekor, rencananya akan tiga kali dosis dengan waktu vaksinasi yang sudah ditentukan,” ungkapnya.

Adapun pembagian vaksinasi yaitu sebagai berikut, Puskeswan Jatinom 600 dosis, Puskeswan Karangnongko 600 dosis, Puskeswan Jogonalan 500 dosis, Puskeswan Trucuk 400 dosis, dan Puskeswan Kota ditambah wilayah Delanggu, Polanharjo, Wonosari, dan Juwiring 100 dosis. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *