Keutamaan Sedekah Subuh yang Wajib Anda Ketahui

Keutamaan sedekah subuh.(Foto: Laz persada)

Sukoharjonews.com – Sedekah merupakan ibadah yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT., tentu saja termasuk sedekah subuh. Yaitu pemberian yang dilakukan oleh seorang muslim kepada kelompok orang yang membutuhkan, pada waktu subuh, yakni setelah melaksanakan shalat subuh.


Dinamakan sedekah subuh lantaran dilakukan usai melaksanakan shalat subuh, sebelum matahari terbit.

Tidak ada dalil, baik di dalam Al-Quran maupun hadits yang menyebutkan tentang istilah sedekah subuh, karena pada dasarnya sedekah kapan pun dan di mana pun memiliki nilai yang sama. Dikutip dari Islampos, pada Sabtu (20/4/2024), inilah keutamaan sedekah subuh:

1. Mendapatkan Doa dari Malaikat
Keutamaan beramal di waktu subuh yakni mendapatkan doa dari malaikat. Pasalnya di waktu subuh tersebut malaikat akan turun ke bumi dan mendoakan orang yang bersedekah.
Sesuai dengan riwayat Bukhari Muslim:

Dari Abu Hurairah ra.: Nabi Muhammad bersabda, “Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satunya berkata, Ya Allah, berilah karunia kepada orang yang menginfakkan hartanya. Gantilah kepada orang tersebut yang membelanjakan hartanya karena Allah. Malaikat yang satu berkata, Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits lain menjelaskan bahwa Rasulullah juga ikut mendoakan umat muslim yang melakukan amalan-amalan sunnah dan ibadah lainnya. Maka umat yang seperti itu yang akan mendapatkan doa Rasulullah ﷺ.

Berikut ini arti dari riwayatnya:

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu pagi mereka.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, Tirmidzi, An Nasa’i dan Ibnu Hibban).


2. Menghapus Dosa
Keutamaan selanjutnya yaitu menghapus dosa. Hal ini tertulis dalam hadits dan surat pada Al-Quran. Dalam Surat Al-Baqarah ayat 271 yang artinya sebagai berikut:

“Kesalahan-kesalahanmu akan dihapuskan.” (QS. Al – Baqarah : 271).

Sedangkan dalam hadits dijelaskan bahwa, “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

3. Membersihkan Harta
Jika sedekah subuh diikuti dengan hati yang tulus dan ikhlas, maka harta yang akan Anda dapatkan bisa semakin berkah. Dalilnya adalah sebagai berikut:
“Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik.” (QS. Saba’: 39).


4. Membantu Terkabulnya Doa
Jika Anda memiliki doa-doa terpendam, maka cara agar cepat terkabulnya doa dengan rutin melakukan sedekah subuh.

Selain mengabulkan doa, amalan sunnah ini juga memiliki keutamaan mengangkat penyakit dan mempermudah semua urusan.

5. Menjauhkan Diri dari Pintu Neraka
Keutamaan yang terakhir yaitu menjauhkan diri dari pintu neraka. Sekecil apapun sedekah yang kita berikan ternyata dapat memberikan perlindungan sekalipun kita sudah meninggal dunia.

Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya naungan seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.” (HR. Ahmad No. 18043. Hadis sahih).(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *