Ketahui Berikut Masalah Kesehatan yang Dapat Sebabkan Susah Hamil

Masalah kesehatan yang sebabkan susah hamil.(Foto: unsplash)

Sukoharjonews.com – Kehadiran seorang anak pasti menjadi dambaan setiap pasangan suami-istri. Akan tetapi, beberapa pasangan mungkin kesulitan mendapatkan buah hati. Ada berbagai penyakit penyebab tarhambatnya kehamilan yang dialami oleh beberapa pasangan suami-istri.


Dikutip dari Mother and Beyond, pada Kamis (23/5/2024), berikut masalah kesehatan yang dapat sebabkan susah hamil:

1. Endometriosis
Masalah kesehatan ini paling sering menjadi penyebab infertilitas dan nyeri hebat saat menstruasi. Secara garis besar, endometriosis terjadi ketika dinding rahim tumbuh di luar rongga rahim, meninggalkan bekas luka yang membuat tuba falopi kesulitan untuk mengambil sel telur.

Pada kasus endometriosis tanpa bekas luka, hal ini tetap bisa menyebabkan masalah radang panggul yang membuat rongga rahim kurang “nyaman” untuk dijadikan tempat sel telur menempel. Bekas luka endometriosis bisa dioperasi dan dokter mungkin akan merekomendasikan proses tabung bayi untuk mendapatkan kehamilan.


2. Penyakit Seksual Menular
Klamidia dan gonore adalah dua penyakit seksual menular yang paling sering menyebabkan infertilitas. “Gonore sangat mempengaruhi karena bisa menutupi saluran tuba falopi dan mengganggu sel telur. Klamidia juga masalah besar karena berkembang dengan sangat cepat menyebabkan luka panggul yang berhubungan dengan kemampuan tuba falopi untuk mengambil sel telur,” jelas Dr. Carson.

Dokter mungkin akan memberi antibiotik untuk mengobati infeksi. Kemudian dokter mungkin akan merekomendasikan operasi laparoskopi (tergantung parahnya bekas luka yang dimiliki), juga bayi tabung untuk mempermudah mendapatkan kehamilan.

3. Berat Badan Kurang atau Berlebih
Berat badan mempengaruhi banyak hal bagi kesehatan Anda, termasuk kesuburan. “Walau kami belum tahu pasti kenapa, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa wanita dengan indeks massa tubuh di atas 35 (disebut obesitas oleh dokter) mengalami penurunan kesuburan, meskipun mereka memiliki siklus menstruasi yang normal,” jelas dokter Johnston-MacAnanny.

Begitu juga dengan wanita yang indeks massa tubuhnya terlalu di bawah rata-rata. “Wanita dengan indeks massa tubuh, mengatakan di bawah 20 atau kurang, sangat umum kesulitan berovulasi dengan rutin, yang juga menurunkan peluangnya untuk bisa hamil,” tambahnya.

Kabar baiknya, wanita obesitas yang menurunkan 10 persen dari berat badannya bisa meningkatkan kesuburannya. Namun sayangnya, kenaikan berat badan pada wanita dengan indeks massa tubuh yang rendah tidak bisa menormalkan siklus ovulasi.


4. Hormon Tidak Seimbang
Banyak hal yang bisa menyebabkan hormon Anda tidak seimbang, dan ketika ini terjadi, maka kesuburan Anda pun akan terganggu. Gangguan kelenjar tiroid dan adrenal dapat menyebabkan infertilitas, karena tubuh mengeluarkan terlalu banyak estrogen, testosteron, dan bahkan kortisol, serta hormon stres.

Ada juga masalah PCOD (penyakit ovarium polikistik), yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan. “Wanita dengan PCOD menghasilkan kadar insulin dan hormon testosteron tinggi. Kedua hal itu mengurangi kemampuan berovulasi,” jelas dokter Erika Johnston-MacAnanny, MD, pakar endokrinologi reproduksi dan lektor Wake Forest University School of Medicine, pada Parents.

5. PID
Penyakit radang panggul (PID) atau radang panggul adalah penyakit yang terjadi karena bakteri bergerak dari vagina ke saluran reproduksi dan menyebabkan infeksi. Mengutip Parents, lebih dari 15 persen wanita penderita radang panggul mengalami infertilitas.

Umumnya masalah kesehatan ini dipicu oleh penyakit seksual menular. Namun, tentu saja ada banyak hal lain yang bisa memicu radang panggul. Beberapa contoh penyebabnya adalah infeksi pasca keguguran, memasukkan alat medis ke dalam rahim, atau bahkan douching (membersihkan vagina dengan sabun pembersih kewanitaan).(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *