Kelompok Kerja Guru (KKG) Bendosari, Adakan Peningkatan Kompetensi Guru Kelas Melalui Studi Industri

Peningkatan Kompetensi Guru Kelas Melalui Studi Industri. (Dok. Pribadi)

Sukoharjonews.com– Kelompok Kerja Guru (KKG) Kec. Bendosari menyelenggarakan kegiatan peningkatan Kompetensi Guru Kelas Melalui Studi Industri. Serangkaian kegiatan ini dilaksanakan dari 19 Februari 2024 sampai dengan 28 Februari 2024


Kegiatan ini diprakarsai oleh Sari Handayani, S.Pd., M.Pd. (Ketua KKG Kec. Bendosari), latar belakang dialkasanakannya kegiatan ini adalah sebagai pembekalan guru dalam mempersiapkan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Turut hadir pula untuk mengarahkan dalam kegiatan ini Korwas Kec. Bendosari Indiyah Purwaningsih, S.Pd. dan pengawas Mukiman, S Pd.

Kegiatan dilaksanakan bergilir dan terjadwal sehingga tidak mengganggu proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selama jam efektif belajar anak. Sengaja dipilih awal semester dengan tujuan supaya bisa memberikan referensi dan inspirasi bagi guru-guru dalam persiapan mereka menyusun projek dan gelar karya di akhir semester 2.


Sekolah mengalami tantangan besar dalam memahami dan menyambut kurukulum merdeka. Guru-guru memerlukan pembekalan teknis dan implementatif yang bisa dipelajari secara nyata. Guru membutuhkan pengalaman yang nyata sebelum mengajak peserta didik terjun dalam kegiatan pembelajaran utamanya dalam kegiatan projek.

“Banyak guru yang masih kesulitan mendapatkan referensi dalam membuat perencanaan untuk menyusun konsep projek P5 sehingga perlu diadakan kegiatan ini. Kegiatan ini menawarkan pengalaman langsung dan nyata yang bisa diadopsi dari lingkup industri kedalam lingkup kelas untuk memperkaya pengalaman dan daya dukung guru sebagai instruktur dalam kegiatan projek” ujar Sari


Kegiatan yang berlangsung selama sepekan ini diikuti oleh 229 guru kelas yang dibagi ke dalam 6 kelompok sesuai kelompok kelas masing-masing dan diberikan pengalaman nyata melalui tempat-tempat industri terdekat, yang dipertimbangkan dapat digali nilai dan konten pembelajarannya disesuaikan dengan karakteristik peserta didik pada jenjang dan fase kelas masing-masing.

KKG Kecamatan Bendosari bekerjasama dengan beberapa industri di wilayah Solo Raya. Adapun industri yang dipilih pada kegiatan kali ini adalah sebagai berikut:
1. Kelas 1 mengamati produksi handuk di industri Pabrik Handuk PT. ADITEX BANGUN CIPTA Klaten.
2. Kelas 2 belajar pembuatan jamu di industri Pabrik Jamu Gujati 59
3. Kelas 3 dan 4 belajar Agroeduwisata peternakan madu, pertanian, dan pembuatan keripik tortilla di CV Merapi Putra Tani Klaten
4. Kelas 5 belajar membatik dan membuat jenang khas tradisional daerah Banmati Sukoharjo, dan
5. Kelas 6 belajar budi daya jamur kuping dan jamur tiram di dusun Sumber Polokarto.

Sari berharap kegiatan ini bisa diprogramkan dalam satu semester sekali sehingga mampu berkontribusi memberikan inspirasi dan referensi serta ruang bagi guru untuk berekspresi serta memperkaya ilmu dan pengalaman sebagai persiapan mengampu mata pelajaran projek di instansi masing-masing.(Patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.3 / 5. Vote count: 6

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *