Jembatan Lengking Belum Selesai, Ternyata Ini Alasannya

Proyek pembangunan Jembatan Lengking memasuki tahap akhir.

Sukoharjonews.com (Bulu) – Pelaksanaan proyek pembangunan Jembatan Lengking diperpanjang. Pengerjaan proyek yang seharusnya selesai pertengahan Desember 2017 itu diperkirakan baru selesai Februari mendatang.



Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang DPUPR Sukoharjo, Suraji mengatakan, pengerjaan proyek diperpanjang selama 50 hari sejak deadline berakhir pada pertengahan Desember 2017 lalu. Atas perpanjangan waktu pengerjaan ini kontraktor pelaksana proyek dikenai sanksi denda.

Suraji menjelaskan, penambahan waktu pengerjaan proyek yang melewati tahun anggaran tersebut sudah dikonsultasikan. Menurutnya, bila proyek tersebut dihentikan akan sangat berisiko dan membahayakan. Sebab, rangka jembatan belum terpasang dengan sempurna dan bisa terjatuh. Langkah tersebut sudah sesuai dengan regulasi yang ada.

“Kontraktor mendapatkan perpanjangan waktu 50 hari. Perpanjangan waktu ini ada dasar regulasinya dan konsekuensinya kontraktor kena denda sejak deadline berakhir sampai proyek selesai,”  tutur Suraji, Kamis (11/1).

Kabid Bina Marga DPUPR Sukoharjo, Jumadi menambahkan, perpanjangan waktu pengerjaan proyek tersebut sesuai dengan pasal 93 ayat (1a) perpres No 4/2015 tentang perubahan keempat atas Perpres No 54/2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Berdasarkan Perpres itu, penyedia jasa bisa mendapat kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan sampai 50 hari kalender sejak masa kontrak berakhir dan dapat melampaui tahun anggaran. Dengan konsekuensi, kontraktor dikenai denda sampai pekerjaan proyek selesai.

Jumadi mengungkapkan, denda yang dikenakan 1/1000/hari dari nilai kontrak. Kontraktor pembangunan Jembatan Lengking dikenai dengan sekitar Rp 12.577.677/hari hingga pekerjaan selesai 100 persen. Proyek tersebut diperkirakan selesai awal Februari mendatang.

“Denda sudah diberlakukan sejak tanggal 16 Desember 2017 sampai nanti proyek selesai,” tuturnya.

Sementara itu, pekerja dan petugas keamanan Jembatan Lengking, Cipto mengatakan, pekerjaan terus dikebut. Saat ini pekerjaan sudah memasuki pemasangan besi untuk dasar pengecoran badan jembatan. Menurutnya, pengerjaan pengecoran ini sudah selesai pada Februari nanti. “Februari cor sudah cukup umur dan Jembatan Lengking bisa dilalui,” tuturnya. (Sofarudin)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.