Jelang lebaran, Forkopimda Sukoharjo Pantau Harga dan Stok Kebutuhan Pokok Masyarakat di Pasar Tradisional

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani bersama Forkopimda melakukan pantauan harga kebutuhan di Pasar Bekonang, jumat (5/4/2024).

Sukoharjonews.com – Menjelang Lebaran, masalah harga dan stok kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) menjadi perhatian Bupati Sukoharjo, Etik Suryani. Bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Bupati melakukan pantauan harga dan stok kepokmas di Pasar Bekonang, Jumat (5/4/2024).


Dalam pantauan tersebut, harga kepokmas diketahui sudah mengalami penurunan. Sedangkan untuk stok masih aman karena banyak tersedia di pedagang. Diharapkan saat Lebaran nanti tidak ada lonjakan harga yang tidak wajar.

Selain bersama Forkopimda, pantauan juga dilakukan oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan instansi terkait.

Dalam pantauan tersebut, Bupati Etik Suryani menanyakan harga dan stok kepada pedagang. Pedagang mengaku secara umum harga kepokmas cukup stabil. “Harga secara umum stabil, yang disampaikan pedagang yang naik hanya bawang merah saja,” ujar Etik.


Etik melanjutkan, berdasarkan hasil pemantauannya diketahui harga telur ayam Rp26.000-Rp27.000 per kilogram, minyak goreng Rp14.000 per liter, cabai turun Rp25.000-Rp30.000 per kilogram, daging sapi Rp120.000 per kilogram, daging ayam Rp40.000 per kilogram.

Soal harga beras, Etik mengatakan harga beras sudah turun pada kisaran Rp14.000-Rp15.000 per kilogram. Penurunan harga terjadi karena bersamaan dengan momen panen padi disejumlah wilayah di Kabupaten Sukoharjo.

“Selain itu, Pemkab Sukoharjo juga rutin menggelar Gerakan Pangan Murah bekerjasama dengan Bulog,” tambahnya.

Sedangkan Kapolres Sukoharjo, AKBP Sigit mengatakan, Polres Sukoharjo melakukan pemantauan khususnya terkait distribusi dan stok barang kebutuhan pokok masyarakat. Tidak hanya pangan saja, melainkan juga bahan bakar minyak (BBM) dan gas.


“Polres Sukoharjo sudah turun memantau stok dan harga kebutuhan pokok masyarakat menjelang Lebaran. Tidak hanya pangan, kemarin juga Satreskrim sudah cek ke SPBU dan penjualan gas,” ujarnya.

Kapolres mengatakan, kondisi di Kabupaten Sukoharjo masih aman dan belum ada gejolak baik kelangkaan barang, lonjakan harga dan pelanggaran hukum lainnya terkait kebutuhan pokok masyarakat selama puasa Ramadan hingga Lebaran nanti. “Pengawasan sudah dilakukan dengan melibatkan jajaran Polres Sukoharjo sampai Polsek,” lanjutnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *