Ragam  

Jangan Lewatkan Pagelaran Wayang Kulit di Alun-Alun Sukoharjo Malam Ini

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com – Rangkaian acara Hari Lahir Kabupaten Sukoharjo ke-76, Pemkab Sukoharjo menggelar pentas wayang kulit dengan dalang Ki Bayu Aji Pamungkas. Pagelaran wayang kulit ini berlokasi di Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo, Jumat (22/7/2022) malam ini.


Sekda Sukoharjo yang juga Ketua Panitia Hari Lahir Sukoharjo, Widodo, menyampaikan bahwa pagelaran wayang kulit nanti mengambil lakon “Bima Kridha”. Rencananya, pagelaran wayang kulit ini dimulai pukul 20.00 WIB.

“Pagelaran wayang kulit ini masih rangkaian Hari Lahir Kabupaten Sukoharjo ke-76,” ujar Widodo.

Menurutnya, sebelumnya Pemkab Sukoharjo sudah menggelar sejumlah kegiatan terkait Hari Lahir Kabupaten Sukoharjo. Mulai ziarah dan tabur bunga ke TMP Kusuma Bhakti Solo, tirakatan, kirab Petikan PP Nomor 16/SD/1946, dan juga festival gamelan “Sukoharjo Sound of Gamelan”.

Terkait festival gamelan tersebut, sebelumnya Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyampaikan bahwa Unesco sudah menetapkan gamelan sebagai warisan budaya tak benda “Intangible Cultural Heritage” dari Indonesia ke-12 pada tahun 2021.

Rencananya, pagelaran wayang kulit nanti juga akan dihadiri Bupati Sukoharjo, Etik Suryani dan juga pejabat Forkopimda.

Rencananya, berdasarkan informasi, grup gamelan yang akan mengiringi pagelaran wayang kulit nanti malam adalah grup karawitan Abdi Solo. Terkait lakon Bima Kridha sendiri, secara garis besar menceritakan sosok Bima yang gagah perkasa penuh keteladanan selalu memberikan pesan bahwa seseorang harus bekerja keras dalam memperjuangkan cita-citanya. Dengan bekerja keras dan berproses tentu akan menuai hasil yang diharapkan. Selamat menyaksikan. (sapta/nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.