Ini Penjelasan KPU Soal Temuan Surat Suara Pilpres Berlubang

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Ada temuan surat suara Pilpres berlubang di TPS 10 Wironanggan, Gatak. Setelah dicek secara keseluruhan, total ada 12 surat suara yang berlubang di gambar paslon 01 dan 02. Terkait hal itu, KPU Sukoharjo memastikan lubang dalam surat suara itu bukan karena sengaja dicoblos. Melainkan bawaan dari percetakan. Untuk memastikan lubang itu bawaan percetakaan, Ketua KPU Nuril Huda langsung melakukan simulasi di lokasi.



“Sebenarnya surat suara Pilpres berlubang itu bawaan percetakan tapi menjadi masalah ketika ada anggapan lubang itu karena disengaja sehingga saya langsung melakukan simulasi biar jelas semuanya,” jelas Nuril.

Menurutnya, jika lubang di dalam surat suara tersebut dilakukan karena sengaja dicoblos, ketika diraba akan terasa ada bekas coblosan. Namun, karena bawaan percetakaan, ketika diraba tidak terasa bekas coblosan karena sangat halus. Sekilas lubang sebesar jarum itu tidak terlihat sehingga lolos ketika dilakukan sortir. Simulasi tersebut dilakukan untuk memberikan penjelasan pada saksi dan juga Bawaslu dan akhirnya semua pihak menerima jika lubang tersebut bukan disengaja.

Baca Juga: Ada Temuan Surat Suara Pilpres Berlubang di TPS 10 Wironanggan

Jika di TPS lain ada temuan yang sama, ujar Nuril, KPU memastikan kasusnya sama dengan di Wironanggan. Kalau ada lubang sebesar jarum, semua itu karena bawaan percetakan dan bukan karena disengaja. “Ini yang ingin saya tegaskan. Tidak ada kesengajaan mencoblos surat suara tersebut,” tandasnya.

Nuril tidak ingin hal itu menjadi masalah seakan-akan ada kesengajaan melubangi surat suara. “Dengan simulasi itu bisa jelas semuanya. Masalah itu sudah klir karena diganti dengan surat suara yang baru,” tambahnya. (erlano putra)



Ini Penjelasan KPU Soal Temuan Surat Suara Pilpres Berlubang
5 (100%) 3 vote[s]

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed