Ada Temuan Surat Suara Pilpres Berlubang di TPS 10 Wironanggan Gatak

Komisioner Bawaslu Muladi Wibowo bersama saksi menunjukkan surat suara Pilpres yang berkubang sebesar jarum di TPS 10 Wironanggan, Gatak, Rabu (17/10).

Sukoharjonews.com (Gatak) – Proses pencoblosan di TPS 10 Wironanggan, Gatak sempat terhenti. Pasalnya, ada temuan surat suara untuk Pilpres yang sudah berlubang sebesar lubang jarum. Surat suara berlubang tersebut ditemukan untuk paslon 01 dan juga 02. Rinciannya, untuk paslon 01 sebanyak 10 surat suara dan pason 02 sebanyak 2 surat suara. Total 12 surat suara berlubang tersebut ditemukan setelah petugas KPPS memeriksa seluruh surat suara untuk Pilpres di TPS tersebut.



Dari informasi yang terhimpun, surat suara Pilpres berlubang kali pertama ditemukan oleh warga Joko Wismo Waluyo. Saat itu, Joko menemukan lubang sebesar jarum di gambar paslon 01 dan meminta ganti surat suara. Kejadian itu lantas dilaporkan ke PPS yang kemudian hadir di TPS disusul Panwascam. Penggantian surat suara tersebut juga mendapatkan persetujuan saksi.

Kemudian, anggota KPPS melakukan pengecekan pada surat suara Pilpres menggunakan lampu handphone sebelum diberikan pada pemilih. Dalam pengecekan itu, ditemukan tambahan sembilan lagi surat suara berlubang untuk paslon 01 dan dua surat suara berlubang untuk paslon 02 sehingga total surat suara yang berlubang ada 12 surat suara.

Baca Juga: Ini Penjelasan KPU Soal Temuan Surat Suara Pilpres Berlubang

Terkait hal itu, Komisioner Bawaslu Sukoharjo Muladi Wibowo mengaku telah memberikan masukan agar PPS segera koordinasi dengan PPK dan KPU dan segera mengisi form kejadian khusus. Muladi juga meminta agar meminta surat suara tambahan ke KPU untuk mengganti 12 surat suara berlubang tersebut. Sedangkan surat suara yang berlubang ditandai berupa lingkaran di sekitar titik lubang.

“Tadi sudah diselesaikan di TPS. Intinya surat suara yang berlubang diganti dengan surat suara yang baru,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *