Ini Alasan KPU Mendistribusikan Logistik Pemilu ke PPK Lebih Awal

KPU Sukoharjo mendistribusikan logistik pemilu ke PPK lebih awal untuk meminimalisir kesalahan.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Ada yang berbeda dengan tahapan pemilu yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo kali ini. Jika selama ini logistik didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menjelang pemungutan suara, kali ini KPU sudah “nyicil” mengirim logistik ke PPK. Ada beberapa alasan kenapa KPU mendistribukan logistik pemilu ke PPK.



“Pengiriman logistik ke PPK sengaja kami lakukan lebih awal untuk meminimalisir kesalahan, sehingga ketika ada kesalahan bisa segera diantisipasi. Yang kami kirim lebih awal ini logistik pendukung seperti tanda pengenal dan lainnya,” terang Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda, Kamis (14/3).

Dikatakan Nuril, alasan lain adalah untuk mengurangi kapasitas di Gedung Budi Sasono karena sebentar lagi KPU juga akan menerima logistik surat suara lainnya. Untuk logistik yang masuk dalam kotak suara, ujar Nuril, akan didistribukan menjelang pemungutan suara. Jadi, logistik yang dikirim lebih awal hanya logistik pendukung saja.

Pengiriman logistik ke PPK tersebut dilakukan dengan tiga armada dari PT Pos Indonesia. KPU mengharapkan petugas PPK bisa melakukan pengecekan dan pengesetan lebih detil sesuai kebutuhan masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS). Terkait pengiriman logistik tersebut, KPU sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Bawaslu Sukoharjo.

Disinggung soal surat suara untuk DPD dan DPRD kabupaten, DPRD provinsi, dab DPR pusat, Nuril mengaku kemungkinan besar akan dikirim pertengahan bulan ini. Nantinya, sebagian besar surat suara tersebut akan dilakukan sortir dan pelipatan di Gedung Budi Sasono. “Untuk tahapan sortir dan pelipatan di Budi Sasono nanti kami mengerahkan ratusan pekerja karena surat suaranya juga banyak,” tambah Nuril. (erlano putra)



Ini Alasan KPU Mendistribusikan Logistik Pemilu ke PPK Lebih Awal
5 (100%) 2 vote[s]

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed