Imunisasi Rubella Anak Berkebutuhan Khusus di Layani di RSUD (DKR)

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya bersama istri ketika memerikan imunisasi MR pada anak sekolah beberapa waktu lalu.

Sukoharjonews.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) membuka pos layanan imunisasi Measles Rubella (MR) untuk anak berkebutuhan khusus di RSUD Sukoharjo. Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Sukoharjo, Bejo Raharjo mengatakan, Pos Imuniasi MR ini dibuka Rabu dan Kamis (27 – 28/9).

Menurutnya, layanan ini dibuka sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap seluruh anak di Kota Makmur. “Layanan ini dibuka agar Imunisasi MR bisa dirasakan semua anak di Sukoharjo tanpa terkecuali,” kata Bejo.

Berjo mengatakan, anak berkebutuhan khusus yang dimaksud adalah anak dengan kelainan tumbuh kembang, ODHA, dan anak dengan penanganan spesial. Berdasarkan catatannya, sudah ada 75 anak berkebutuhan khusus yang melakukan imunisasi di pos layanan khusus ini. “Kami mengimbau para orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus untuk segera dating. Agar anaknya medapat manfaat dari imunisasi ini,” tuturnya.

Bejo menambahkan, saat ini imuniasi MR sudah mencapai 95 persen lebih dari target yang ditetapkan pemerintah. Pelaksanaan imunisasi MR secara gratis dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama telah selesai dilaksanakan selama Agustus dengan sasaran anak usia 7 sampai 15 tahun. Tercatat sebanyak 141.584 anak menjadi sasaran imunissi tahap pertama ini.

Pelayanan imunisasi itu digelar di 1.182 Posyandu dan enam rumah sakit. Rumah sakit rujukan antara lain RSUD Sukoharjo dan RS Dr Moewardi Solo. Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan sebanyak 26 tenaga dokter, 252 bidan dan 60 perawat. “Imunisasi MR tahap kedua dengan sasaran anak usia 9 bulan sampai 7 tahun. Pelaksanaan kegiatan digelar selama bulan September,” kata Bejo. (sofarudin)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *