Imunisasi MR Tahap II Capai 95%

Ketua TP PKK Sukoharjo Etik Suryani ketika memerikan imunisasi MR pada anak sekolah beberapa waktu lalu.

Sukoharjonews.com – Imunisasi “Measles Rubella” (MR) atau campak dan rubella tahap kedua sudah mendekati target. Meski masih ada penolakan, saat ini imunisasi yang diberikan sudah mencapai 95%. Rencananya, imunisasi MR tahap dua akan terus dilakukan hingga 30 September mendatang.

“Proses imunisasi MR sudah mencapai 95%. Kami berterima kasih atas dukungan masyarakat,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo Bejo Raharjo, Selasa (26/9).

Dikatakan Bejo, saat ini memang masih ada penolakan dari masyarakat terkait dengan imunisasi MR tersebut. Namun, penolakannya tidak sebanyak imunisasi tahap pertama. DKK sendiri bersama MUI terus melakukan pendekatan pada masyarakat dengan memberikan penyuluhan mengenai imunisasi MR yang tidak mengandung bahan berbahaya dan dipastikan halal.

Bejo juga mengatakan, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan imunisasi MR secara gratis di Posyandu dan rumah sakit yang telah ditunjuk. Pelaksanaan imunisasi MR secara gratis dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama telah selesai dilaksanakan selama Agustus dengan sasaran anak usia 7 sampai 15 tahun. Total ada 141.584 anak menjadi sasaran imunissi pada pelaksanaan tahap pertama yang digelar di sekolah, Puskesmas dan rumah sakit.

“Imunisasi MR tahap kedua dengan sasaran anak usia 9 bulan sampai 7 tahun. Pelaksanaan kegiatan digelar selama bulan September,” kata Bejo.

Pelayanan imunisasi MR selama September akan digelar di 1.182 Posyandu dan enam rumah sakit. Rumah sakit rujukan antara lain RSUD Sukoharjo dan RS Dr Moewardi Solo. Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan sebanyak 26 tenaga dokter, 252 bidan dan 60 perawat. (erlano putra)

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.