Huawei Meluncurkan MateBook X Pro 2024 Sebagai Satu-satunya Notebook dengan Berat di Bawah 1kg dengan Intel Core Ultra 9

Huawei MateBook X Pro. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Huawei telah meluncurkan versi terbaru dari laptop MateBook X Pro di “Hongmeng Eco Spring Communication Conference” yang diadakan di Tiongkok. Iterasi baru ini berfokus pada desain tipis dan ringan, kinerja bertenaga, dan fitur inovatif. Mari kita bahas detailnya di artikel ini.


Spesifikasi Huawei MateBook X Pro
Dikutip dari Gizmochina, Selasa (16/4/2024), MateBook X Pro baru menawarkan desain yang sangat ringan, dengan bobot hanya 980 gram. Ini membuatnya lebih ringan dibandingkan Apple MacBook Air 13,6 inci.

Sasisnya dibuat dengan paduan magnesium kelas penerbangan untuk daya tahan sekaligus mempertahankan profil ramping. Huawei juga memuji penggunaan “arsitektur Cloud Falcon” baru bersama dengan “bahan aluminium berlian” yang pertama di industri untuk mencapai keseimbangan bobot ini.

MateBook X Pro juga memiliki keunggulan dalam hal kinerja. Dilengkapi dengan prosesor Core Ultra 9 terbaru yang mampu menghadirkan performa hingga 40W.


Hal ini, menurut Huawei, mengungguli performa Apple MacBook Pro 14 dengan tetap menjaga bobot lebih ringan. Huawei MateBook X Pro saat ini juga menjadi satu-satunya laptop dalam kisaran berat 1 kilogram yang memiliki prosesor Core Ultra 9.

Untuk konektivitas, MateBook X Pro hadir dengan apa yang menurut Huawei merupakan antena metamaterial tiga dimensi 3D pertama. Teknologi tersebut menjanjikan kecepatan jaringan 40% hingga 50% lebih cepat dibandingkan yang ditawarkan Apple MacBook Pro 14.

Di bagian audio, Huawei telah memperkenalkan “teknologi layar suara pintar” baru, yang diklaim menawarkan peningkatan akurasi kata sebesar 200%, peredam bising 230% lebih baik, dan kemampuan mengisolasi suara pembicara langsung di depan laptop. Laptop ini memiliki sistem suara 6 speaker.

Layar pada MateBook X Pro adalah layar sentuh 14,2 inci dengan resolusi 3120×2080 piksel dan kecepatan refresh 120Hz. Ini memiliki rasio kontras tinggi 1 juta:1, pengurangan refleksi layar yang signifikan (70%), dan rasio layar-ke-tubuh yang mengesankan sebesar 93%. Kecerahan puncak dinilai pada 1000 nits.


Iterasi MateBook X Pro ini menandai pertama kalinya laptop Huawei mengintegrasikan model bahasa besar Pangu milik perusahaan. Hal ini memungkinkan fitur yang didukung AI seperti peringkasan teks di berbagai aplikasi.

Selain itu, Huawei juga telah berkolaborasi dengan platform AI lainnya seperti WPS AI, Wen Xinyiyan, dan iFlytek Spark untuk menawarkan pengalaman AI yang lebih komprehensif bagi pengguna. Laptop ini mendukung pengisian daya 140W dengan standar pengisian daya Turbo Huawei.

Harga dan Ketersediaan
Harga Huawei MateBook X Pro mulai dari 11.199 Yuan atau Rp25,3 jutaan untuk model dasar dengan prosesor Core Ultra7, RAM 16GB, dan penyimpanan 1TB.

Harganya naik menjadi 12.499 Yuan atau Rp28,3 jutaan untuk konfigurasi dengan RAM 32GB dan tetap pada penyimpanan 1TB. Model tingkat atas dengan prosesor Core Ultra9, RAM 32GB, dan penyimpanan 2TB dihargai 14.999 Yuan atau Rp34 jutaan.

Huawei belum mengumumkan rincian mengenai ketersediaan internasional. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *