Hindari Gigitan Nyamuk dengan Bahan Alami Ini

Mengusir nyamuk dengan bahan alami.(Foto: Hipwee)

Sukoharjonews.com – Serangga yang satu ini memang sangat mengganggu bahkan bisa membahayakan kesehatan seseorang. Gigitan nyamuk bisa menjadi salah satu penyebab penyakit malaria atau DBD yang merupakan salah satu penyakit mematikan. Itulah sebabnya orang berupaya untuk mencari cara mengusir nyamuk dan berharap terhindar dari penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk tersebut.


Banyak orang yang tertarik mencoba untuk mengusir nyamuk secara alami, karena cara ini dianggap lebih aman dan murah ketimbang membeli atau menggunakan obat anti nyamuk yang mengandung bahan kimia yang dapat ditemukan di pasaran. Dikutip dari Grid Health, pada Jumat (31/5/2024), berikut adalah bahan ali yang dapat bantu usir nyamuk:

1. Serai
Bahan alami berikutnya yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk dari rumah adalah serai. Selain karena aromanya yang menyengat, serai juga tidak disukai karena beberapa senyawa yang terkandung di dalamnya.

Di antaranya geraniol, metol heptenon, terpen-terpen, terpen-alkohol, asam organik, dan sitronela yang sering dimanfaatkan sebagai obat nyamuk. Untuk mengusir nyamuk dengan serai, bisa dengan meletakkan beberapa batang di sudut rumah atau haluskan dan campur dengan air, kemudian gunakan sebagai semprotan.


2. Kulit Jeruk
Kulit jeruk juga dapat dimanfaatkan sebagai senjata alami untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk. Jika tertarik untuk mencobanya, kupas jeruk dan ambil kulitnya. Letakkan potongan kulit jeruk di sudut ruangan.

3. Bawang Putih
Bawang putih merupakan salah satu rempah yang terkenal dengan aromanya yang kuat. Aroma khas bawang putih itulah, yang dapat mengusir nyamuk dari rumah ataupun lingkungan sekitar.

Cara menggunakannya mudah, cukup dengan mengupas dan potong beberapa siung bawang putih. Lalu, letakkan bawang putih yang sudah dipotong tadi di sudut ruangan yang biasanya menjadi sarang nyamuk.

4. Kemangi
Cara alami untuk mengusir nyamuk yang terakhir yakni menggunakan daun kemangi. Kemangi adalah tanaman yang memiliki aroma menyengat dan tidak disukai oleh nyamuk maupun jentik-jentiknya.

Mengusir nyamuk dengan kemangi bisa dilakukan dengan merebus beberapa lembar daun, lalu ambil airnya sebagai pembasmi.


Demikian adalah beberapa bahan alami yang dapat bantu usir nyamuk yang mengganggu. Selamat mencoba!(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *